Lumia 920 Akhiri Paceklik Nokia

MALANG– Kabar kedatangan Lumia 920 membuat maniak Nokia di Indonesia penasaran. Setelah diumumkan sebagai ponsel Nokia dengan OS Windows Phone 8 pertama, Lumia 920 digadang-gadang mampu mengakhiri masa “paceklik” vendor ponsel asal Finlandia tersebut.
Team Leader CS Sentra Ponsel Malang Plasa, Rian Dwi Putra mengungkapkan, belum ada kabar pasti tentang kedatangan Nokia Lumia 920 ke Malang. “Kami sempat menerima kabar, tapi sudah lama, hingga kini belum ada update terbaru, kita tunggu saja,” ungkapnya kepada Malang Post kemarin.
Meskipun demikian, harapan besar ditambatkan pada ponsel dengan model bodi yang cukup mirip dengan Galaxy S III milik Samsung Mobile itu. “Kekalahan” selama dua tahun terakhir dari pesaingnya Samsung tentu membuat para pecinta Nokia berharap akan ada ponsel jagoan agar bangkit dari keterpurukan. Selama ini, smartphone Nokia, khususnya seri Lumia sering disebut produk gagal karena minimnya angka penjualan. Malah seri Asha, ponsel Nokia entry level yang mampu menjaga performa penjualan dan kestabilan grafis pemasaran. Pengguna setia Nokia juga salah satu alasan vendor ini tetap bertahan.
Namun, bila hanya mengandalkan seri menengah ke bawah, Nokia tak akan pernah bisa kembali ke masa jayanya dulu. Karena itu, Lumia 920 akan memberi bukti sebagai pelopor kebangkitan Nokia di kuartal keempat 2012 serta saat memasuki tahun 2013. Rian mengungkapkan, Lumia 920 tak kalah untuk urusan spesifikasi. ”Dengar-dengar sudah ada bluetooth yang disematkan, Lumia sebelumnya belum ada,” tutur Rian, panggilannya. Lumia 920 dilengkapi dengan prosesor dual core Snapdragon S4 dengan kecepatan 1,5 GHz. Dapur pacu ini didukung RAM berukuran 1 gigabit sebagai ruang longgar bagi prosesor dalam mengolah data perintah user.
Nokia Lumia 920 juga hadir dengan layar PureMotion HD+. Dengan ukuran 4,5 inci, tampilan ini mampu menyajikan resolusi maksimal hingga 1.280 x 768 piksel. Bahkan, Nokia telah mengklaim kalau layar berteknologi PureMotion HD+ jauh lebih terang ketimbang panel layar terbaik yang ada di pasaran. Apalagi, layar Lumia 920 telah dilengkapi teknologi Super Sensitive Touch. Dengan begitu, layar tetap bisa mendeteksi sentuhan meski pengguna memakai sarung tangan atau menggunakan kuku jari. Kamera PureView yang sempat menggemparkan pasar smartphone dunia juga bakal tersedia di Lumia 920.
Meskipun tak mencapai 41 mega piksel seperti seri 808 PureView, Nokia berjanji menghadirkan gambar foto yang tajam. Resolusi kamera hanya 8 megapiksel saja. Selain itu, kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Nokia Lumia 920 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2.000mAh dan NFC. Soal harga, Rian mengaku belum bisa memastikan. ”Pasti lebih tinggi dari Lumia 900 yang saat ini berharga Rp 4,499 jutaan,” pungkasnya. (fin/mar)