Body Jadul, Otak Bandel

Sangat mudah mengenali seri ThinkPad yang kini menjadi produk andalan Lenovo. Bodi perangkat tersebut pasti didominasi warna hitam, dan memiliki track point merah di tengah keyboard. Ya, meski usia lini ThinkPad sudah 20 tahun, Lenovo tetap mempertahankan wujud asli produknya tersebut.
Lenovo seperti dikatakan Technical Manager Lenovo Azis Wonosari rupanya memang menjadikan penampilan seperti ini sebagai ciri khas ThinkPad.
"Lagipula ini memang sesuai dengan permintaan sebagian besar konsumen kita. Mereka merasa perlu track point merah itu. Makanya tidak kita hilangkan. Soal warna, hitam itu kan warna netral. Cocok saja kalau kita bawa kemana-mana kan," papar Azis usai perayaan 20 tahun ThinkPad di FX Jakarta, Rabu (31/10).
Penampilan fisik boleh saja berkesan jadul, namun Lenovo mengklaim senantiasa mengupgrade produknya dengan berbagai inovasi. Performanya pun boleh dibilang 'bandel'.
"Sebagian teknologi yang digunakan ThinkPad malah jadi standard industri para vendor. Misalnya optical drive. Sebagian besar notebook sekarang pakai optical drive. Kami bangga," klaim Azis.
Apakah ThinkPad selamanya akan memiliki desain seperti itu, Azis tidak bisa memastikan. Yang jelas menurutnya, Lenovo sampai saat ini tidak akan membuat ThinkPad berubah drastis.
"Sejauh ini kita mempertahankan penampilan seperti itu. Adapun perubahan, biasanya kita ubah dari sisi ketebalan dan desain keyboard," ujarnya.
Tapi Lenovo sendiri mengaku fleksibel dan terbuka menerima saran konsumen. Diakui Aziz, memang ada masukan dari konsumen yang menginginkan laptop warna-warni.
"Nah untuk itu, makanya kita punya juga lini ThinkPad Edge yang warnanya tak hanya hitam. Tapi ciri khas, desainnya tetap kita pertahankan," tutupnya. (dtc/nda)