PS3 500 GB Beredar

MALANG – Oktober lalu, Sony Computer Entertainment (SCE) meluncurkan konsol terbaru yaitu PlayStation 3 atau PS3 dengan memori 500 GB. Secara spesifikasi, playstation ini memang tak jauh beda dengan PS3 sebelumnya. Yang menjadi perbedaan terletak pada ukuran memorinya. Sebelumnya konsol ini memiliki memori hanya sebesar 320 GB saja. Untuk pasar Malang, masih belum banyak yang mengetahui game pabrikan Jepang ini.
Selain dari memori yang besar, keunggulan lain yang dimiliki PS3 generasi ketiga ini terletak pada bodynya yang lebih tipis dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya. Jika dibandingkan dengan generasi awal, konsol ini lebih ringan 50 persen.
“Kalau dengan generasi kedua, perbandingannya PS3 25 persen lebih ramping lagi,” ujar shopkeeper Master Game, Deny Wahyudi.
Tak hanya dari sisi body, untuk fitur game yang ada di PS3 500 GB ini hanya bisa memainkan game original saja. Jadi untuk game dengan sistem download atau copy, console ini tidak bisa memainkannya.
“PS ini menggunakan sistem software yang lebih baik dibandingkan PS yang sebelumnya, sehingga hanya bisa menggunakan game original saja,” jelasnya kepada Malang Post.
Menariknya, kemampuan konsol dalam memainkan fitur original atau copy-an ternyata berpengaruh pada segi harga. Untuk PS3 500 GB ini, Master Game membanderolnya dengan harga sekitar Rp 3 jutaan. Sedangkan untuk PS3 yang sebelumnya dihargai lebih mahal sekitar Rp 3,5 juta, karena kemampuannya yang bisa memainkan fitur game download dan game yang bisa dicopy dari tempat lain.
“Namun kemampuan PS3 ini bisa diacungi jempol karena juga bisa menampung musik, foto maupun video karena kapasitasnya yang sangat,” ungkapnya.
Game ini juga memiliki kelebihan dalam hal konektivitas, yang mana pengguna bisa memanfaatkan Ethernet, IEEE dan bluetooth 2.0. Playstation ini juga dilengkapi dengan pengontrol nirkable yang terhubung melalui bluethoothnya. “Jadi dari segi konektivitas tak perlu diragukan lagi, karena fasilitasnya cukup lengkap,” imbuh Deny.
Playstation  yang baru berusia satu bulanan ini juga memiliki body yang lebih ringkas. Yang mana PS3 memiliki penutup dengan desain sliding. Dari segi warna, gamer bisa memilih antara warna Charcoal Black dan Classic White. “Untuk saat ini yang masih banyak beredar dipasaran warna hitam seperti yang lain generasi-generasi sebelumnya,” pungkasnya. (ita/nda)