Layar Lebih Besar, Main Lebih Puas

MALANG – Memainkan game portable kurang mengasyikkan jika dibandingkan dengan konsol. Alasannya, tentu saja karena faktor layar yang terlalu kecil. Namun tidak demikian jika para gamers memainkan Nintendo 3DS XL. Game besutan raksasa asal Jepang ini menawarkan ukuran layar yang lebih besar sehingga pengguna jauh lebih puas memainkan game favoritnya.
Nintendo 3DS XL ini telah memperbesar ukuran layar atasnya menjadi 4,88 inch, sedangkan untuk layar bawah sekitar 4,18 inch. Dengan ukuran sebesar ini, Nintendo telah memberikan 90 persen ruang layar lebih untuk para gamer.
Jika dibandingkan dengan 3DS sebelumnya, 3DS XL ini 46 persen lebih besar dengan standar 93x156x22mm, dan berat 336 gram. Daya baterai game portable ini juga ditingkatkan, sehingga pengguna ini bisa menjalankan perangkat lunak 3DS selama 3-6 jam, atau 5-8 jam ketika baterai digunakan pada game asli DS.
Dari segi fitur, Nintendo 3DS XL juga terbukti memiliki banyak nilai plus, seperti kamera VGA, dan MP3. Game ini juga bisa memainkan game 3D namun harus menggunakan aplikasi original. “Untuk game yang biasa (bukan 3D), gamer bisa langsung mendownloadnya,” ujar Shopkeeper Master Game Malang Plasa, Deny Wahyudi.
Kelebihan Nintendo ini tak hanya menyajikan game 3D, namun hasil foto yang diperoleh usai memotret objek foto juga bisa dirubah menjadi bentuk 3D.  Hasilnya tampak lebih nyata dan lebih berkarakter. “Hasil foto dalam bentuk 3D ini pun juga bisa dijadikan salah satu karakter dalam permainan,” terang Deny kepada Malang Post.
Untuk lebih memudahkan pengguna, perangkat ini juga dilengkapi dengan fasilitas memori 4 GB dan juga wifi, sehingga memudahkan pengguna dalam hal penyimpanan dan mendownload aplikasi atau permainan terbaru.
Jika dibandingkan dengan game portable lainnya, Nintendo 3DS XL ini setara dengan game portable PS Vita. Namun, dalam beberapa segi Nintendo ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan console game keluaran Sony tersebut. Misalnya saja dalam hal menjalankan fitur yang ada di Nintendo lebih praktis dibandingkan dengan PS Vita.
Begitu juga dari segi harga, yang mana Nintendo memiliki harga yang lebih terjangkau berkisar Rp 2,2 jutaan, dibandingkan dengan PS Vita yang menyentuh harga Rp 3,4 jutaan. Untuk market, game portable ini di dominasi kalangan anak-anak yang hobi memainkan game 3D seperti Super Mario Bros.
“Bisa juga untuk kalangan orang dewasa karena ada beberapa game simulai tentang kehidupan yang bisa dimainkan,” pungkasnya. (ita/nda)