iPad Rajai Penjualan Apple Malang

MALANG – Penjualan iPhone di Malang masih terkalahkan oleh iPad dan juga iMac, tablet dan komputer jinjing saudara kandung iPhone. Penjualan iPhone paling banyak mengisi sekitar 15 persen dari total penjualan setiap bulan di Apple Global Teleshop Malang. Gerai kusus produk Apple ini mencatat kokohnya performa iPad dan iMac sejak awal tahun lalu.
Data sejak Agustus mencatat penjualan iPad mencapai 74 unit, iMac sebanyak 29 unit sementara September penjualan iPad mencapai 60 unit dan iMac sebanyak 32 unit, untuk Oktober iPad mencapai 72 unit dan iMac sebanyak 25 unit.
“iPad 2 dan 3 selalu paling banyak disusul iMac, untuk iPhone rata-rata 20 unit per bulan,” kata Sales Apple Global Teleshop, Jefry Gigih.
Tingginya minat pembeli pada iPad dan juga iMac ketimbang iPhone menurut Jefry lebih banyak didongkrak oleh lifestyle yang sedang populer saat ini serta kebutuhan pembeli untuk komputer dengan pintar dengan spesifikasi yang mumpuni.
Brand Apple yang membungkus iPad jadi alasan tertinggi tablet kreasi Steve Jobs tersebut dipilih oleh banyak pembeli, sementara pembeli iMac lebih banyak memilih notebook tersebut karena kebutuhan kerja mereka.
“Kalau pembeli iPad lebih banyak mengisi aplikasi dengan game terbaru dari Apple, sementara iMac umumnya mengisi dan memilih sendiri aplikasi mereka,” lanjut Jefry.
Walaupun tablet brand lain semakin menjamur memenuhi pasar Malang namun konsumsi iPad di Global Teleshop belum terusik hingga saat ini. Bahkan Jefry memprediksi iPad akan semakin melejit di awal tahun depan nanti. Rencana rilisnya iPad mini dengan luas layar sekitar 7 inci diyakini akan menggoda para pencinta tablet Apple karena desain yang lebih ciamik walaupun spesifikasinya sama dengan iPad 3.
“Polanya pembeli Malang selalu upgrade gadget. Jika ada yang baru pasti diburu. Dulu juga begitu waktu iPad mengeluarkan iPad 3. Rencananya iPad mini baru keluar sekitar Januari nanti, sekarang sudah bisa dipesan pre ordernya baru di Amerika,” jelasnya.
Lifestyle juga membuat iPhone tidak terlalu banyak mencuat di tahun ini. Menurutnya iPhone sempat booming sekitar dua tahun lalu dengan merajai penjualan dari berbagai gadget lain di Apple.
Namun keperkasaan tersebut terus memudar setelah iPad semakin banyak berpenetrasi di pasar Malang. Jefry menuduh gaya hidup yang sedang populer tetap menjadi penyebab utama turunnya pamor iPhone.
“iPhone sudah pernah ada masanya populer, sekarang tablet yang sedang mewabah dan iPad termasuk beruntung karena Apple lebih dikenal sebagai brand yang memperkenalkan tablet kepada dunia,” tandasnya. (pit/fia)