iPad Mini ‘Singapura’ Wara-Wiri di Indonesia

MALANG – Produk terbaru besutan Apple, iPad Mini secara resmi memang belum beredar di tanah air. Namun gadget ini sudah mulai wara-wiri market Indonesia. Dari pantauan yang dilakukan Malang Post di salah satu situs forum jual beli, iPad Mini bahkan sudah mulai dijual sejak 2 November lalu, tepat di hari pertama Apple memasarkan produk ini secara serentak di 34 negara, kecuali Indonesia.
Usut punya usut, iPad Mini yang sudah beredar di Indonesia ini merupakan produk bergaransi Singapura. Singapura sendiri termasuk negara yang dibidik oleh Apple dalam pemasaran perdana. Di Asia, selain Singapura, iPad Mini hadir lebih awal di negara Jepang, Korea dan Hongkong.
“Negara terdekat yang sudah ada iPad Mini adalah Singapura dan Hongkong. Kalau memang ada iPad Mini yang sudah beredar di pasar Indonesia, kemungkinan besar garansinya Singapura atau Hongkong,” beber Sales Apple Global Teleshop MOG, Jeffry Gigih pada Malang Post.
Sayangnya, karena masih langka,iPad Mini jadi sedikit jual mahal. Harga yang dipatok oleh Apple Store USD 329 atau dalam mata uang Indonesia sekitar Rp 3,1 juta. Namun di pasar tanah air, produk ini dibanderol dengan harga di atas Rp 5 juta. Jeffry mengaku, iPad Mini yang sempat ditawarkan padanya bahkan mendekati angka Rp 6 juta.
“Harga iPad Mini yang ditawarkan sekitar Rp 5,8 juta, itupun hanya memiliki memori 16 GB dan WIFI only. Kalau memori di atas itu bisa lebih dari Rp 6 juta. Dan kebanyakan barang yang beredar di Indonesia Wifi only,” lanjut Jeffry.
Menurut pria berkaca mata ini, spesifikasi iPad Mini yang ditawarkan oleh Apple hampir sama dengan iPad generasi 3. Hanya, ukurannya saja yang diperkecil. Mulai dari kemampuan kamera hingga prosesornya, tidak ada yang berbeda dengan ‘kakak kandungnya’.
Untuk kedatangan iPad Mini secara resmi di Indonesia, Jeffry masih belum bisa menjawab dengan pasti. Namun umumnya, produk Apple teranyar baru masuk ke pasar tanah air setelah beberapa bulan dari peluncuran perdananya.
New iPad, misalnya, butuh waktu sekitar empat bulan sebelum masuk Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan pada Maret 2012. Tablet ini baru menampakkan diri di reseller Apple Indonesia pada akhir Juni 2012. Sedangkan iPad 2 butuh waktu yang lebih lama  lagi, yaitu sekitar 5 bulan sejak diperkenalkan pada awal Maret 2011 dan pertama hadir di Indonesia pada pertengahan Juli 2012. (nda)