Samsung Penguasa Android Indonesia

MALANG- Perlahan tapi pasti, Android mulai menunjukkan tajinya di pasar sistem operasi mobile di Indonesia. Bahkan dalam kurun waktu beberapa tahun saja, si Robot Hijau sudah mampu meraup hampir setengah dari pasar smartphone tanah air. Dalam rilisnya kepada Malang Post, Vice President Mobile Phone PT Samsung Electronics Indonesia, Andre Rompis menjelaskan pertumbuhan Android terus bergeliat dengan cepat. Menurutnya, saat ini Android sudah menguasai pasar smartphone di Indonesia hingga 40 persen. “Android mencapai pertumbuhan yang sangat penting dengan pencapaian 40 persen market share. Sedangkan Samsung menjadi vendor nomor satu di antara vendor Android lainnya," terangnya di sela-sela MoU dengan Telkomsel, di Jakarta, kemarin.
Andre, panggilannya mengatakan dari 40 persen smartphone Android yang beredar di Indonesia, 80 persen dikuasai oleh Samsung. Ini artinya, empat dari lima pembeli ponsel Android pasti memilih Samsung. Demi memanjakan penggunanya, Samsung bersama Telkomsel menghadirkan paket data bagi pengguna smartphone Samsung Galaxy. Beberapa konter HP di Malang Plasa mengakui apa yang diucapkan Andre. Rata-rata, penjualan gadget Samsung, utamanya seri galaxy lebih cepat laku dibandingkan merek-merek lainnya. “Banyak yang mengakui bila sangat enak menggunakan Samsung Galaxy untuk berinternet. Selain gaya dan tren, untuk mengotak-atik ponsel touch screennya juga tidak pernah ada masalah yang berarti,” ungkap Wawan, karyawan Sega Grosir Malang Plasa.
Selain itu, kecanggihan ponsel-ponsel yang diproduksi Samsung, lebih kuat dan memiliki nilai purna jual yang masih tinggi. “Harganya tidak anjlok meski nanti akan dijual lagi. Harga secondnya pun juga masih bagus. Rata-rata selisihnya bisa mencapai Rp 200.000 dengan yang baru. Bahkan, untuk tipe-tipe yang jarang dijual, harganya bisa menyamai saat harga barunya dulu. “Yah, bisa disebut barang langka. Artinya, tidak ada yang menjual, tapi banyak yang mencari,” tegasnya. Dia menyontohkan, Samsung galaxy S III. Handphone ini menjadi primadona di tahun 2012.
Samsung Galaxy S III menggunakan layar sentuh dengan lebar 4,8 inci HD Super AMOLED 1280 X 720 pixel, kamera 8 mega piksel, RAM 1 GB, serta sistem operasi Android 4.0. Ponsel dengan baterai berkapasitas 2100 mAh ini mengusung konektivitas 4G LTE. Desain bodi dan dimensinya yang berukuran 136.6 x 70.6 x 8.6 mm dengan bobot 133 gram, terlihat sangat kompak dan enak digenggam. Balutan warna yang apik pun membuat ia tampil atraktif didepan pecintanya. “Ada juga fitur hiburan yakni MP3/MP4 Player dan radio FM,” kata Wawan. Samsung Galaxy S III juga mengandalkan kanal HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, GPRS dan EDGE, serta Wi-Fi 802.11 b/g/n. (mar)