Lenovo Mantap Jajaki Pasar Smartphone

MALANG– Lenovo semakin mantap menjejakkan kakinya di bisnis gadget smartphone. Meski dikenal sebagai produsen laptop, perusahaan multinasional asal Cina daratan itu cukup lugas dalam menjajaki pasar smartphone, khususnya Android. Produk keempat yang diluncurkan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir adalah Lenovo P700, selain seri K860. Team Leader CS Global Teleshop Mall Olympic Garden (MOG), Silvy Novita memaparkan, Lenovo P700 disokong dua jaringan telekomunikasi. “Ada 2G yang standar dipakai di semua hape GSM, ada pula jaringan WCDMA yang digunakan hape CDMA,” katanya. Jaringan tersebut memperkuat fungsi layanan basic dari semua gadget komunikasi, yakni voice dan SMS. Pasalnya, Lenovo masih tergolong sebagai pemain baru di pasar smartphone.
Nama-nama gadget Lenovo lain seperti seri A60, A60+ hingga S880 baru melejit di pasar smartphone Malang pada tahun 2012. Sebelumnya, nama Lenovo masih sangat identik dengan komputer dan laptop. Karena itu, cukup logis bila pabrikan yang mempunyai pabrik operasional di Amerika Serikat itu rajin memperkuat layanan dasarnya. Hal ini dilakukan untuk menggaet pelanggan baru sebanyak mungkin. “Segmen pasarnya cukup jelas, Lenovo mengincar kalangan menengah ke atas pengguna Android. Lenovo P700 sendiri dibanderol harga Rp 1,999 jutaan,” tutur Silvy, panggilannya.  Wanita ramah ini melanjutkan, ponsel tersebut didorong spesifikasi yang cukup sepadan dengan banderol harganya. Layarnya berukuran 4 inci dengan tipe WVGA. Resolusinya cukup mapan, mencapai 480 x 800 piksel, sehingga mampu menampilkan pembesaran gambar tanpa pecah.
Belum lagi, Lenovo P700 juga dilengkapi teknologi layar multi touch screen berbasis kapasitif. Praktis, layar smartphone sangat sensitif dan responsif ketika disentuh jari. Keunggulan layar Lenovo P700 tak lepas dari sokongan prosesor dual core dengan kecepatan pemrosesan data hingga 1 GHz. Karena itu, tidak heran banyak user pengguna Android mulai beralih ke Lenovo. Lihat saja, ponsel dengan harga hampir setara, Galaxy Ace 2 hanya dilengkapi prosesor ber-clock speed 800 MHz. (fin/mar)