Kamera Berfitur Smartphone

MALANG – Brand mapan industri kamera, khususnya kamera poket seperti Nikon, Canon, Olympus dan Sony tampaknya harus mulai waspada terhadap saingan baru Samsung Mobile. Pasalnya vendor asal Korea Selatan tersebut belum lama ini baru saja meluncurkan seri Samsung Galaxy Camera.
Para pemegan merek mapan memang harus khawatir. Galaxy Camera tak hanya sekadar membuat kamera poket, tapi menggabungkannya dengan smartphone Galaxy berbasis Android. Rizky Wijaya, teknisi Omega Cell mengungkapkan, kamera Galaxy Camera dianugerahi resolusi besar.
“Ukurannya sekitar 16 megapiksel, sangat besar untuk jenis smartphone Galaxy Android,” terang Rizky kepada Malang Post kemarin.
Yang membuatnya semakin menarik, fitur pendukung kamera berponsel pertama dari seri Galaxy itu cukup variatif. Semuanya mendukung kinerja kamera sebagai fitur utama. Sebut saja autofocus yang membantu user mengambil gambar tanpa perlu mengatur ulang fokus manualnya. Cukup diarahkan ke objek, Galaxy Camera akan menentukan sendiri titik fokus sesuai keinginan user. Pembesaran atau zoomnya juga sangat besar, yakni mencapai 21 kali optical zoom.
Pop-up Xenon flashnya membantu user mengambil gambar dalam kondisi low light atau kekurangan cahaya, sementara AF light mendukung pencahayaan terhadap objek yang difokuskan kamera. “Lampunya langsung disetting sesuai dengan objek, kalau jauh maka lightingnya lebih besar lagi,” tuturnya.
Kamera ini juga disokong lensa wide berukuran 23 milimeter, lengkap dengan geo-tagging, touch focus, face and smile detection hingga optical image stabilization. Kamera tersebut juga bisa merekam video hingga kecepatan 1080p@ 30fps dan 720x480@ 120fps.
Selayaknya smartphone terbaru dari Galaxy series, smartphone ber-WiFi dan bluetooth 4.0 disokong jaringan 2G dan 3G LTE. Meskipun tak didukung layanan internet berbasis GPRS dan EDGE, pengguna masih bisa bernapas lega karena ada internet LTE yang memberikan kecepatan download 21 Mbps dan kecepatan unggah hingga 5,76 Mbps.
Yang makin menarik, Samsung Galaxy Camera telah dilengkapi Android OS 4.1 atau Jelly Bean. Prosesor quad-core 1,4 GHz dan kartu grafis Mali-400MP. Layarnya sendiri sudah berjenis Super Clear LCD kapasitif touchscreen 16 juta warna dengan resolusi 780 x 1280 piksel dan ukuran layar 4,8 inci. Memori internalnya 8 gigabit, sementara RAM-nya 1 gigabit. “Belum tahu sih harganya berapa, tapi kalau lihat spek jelas cukup tinggi hargany,” pungkas Rizky.(fin/nda)