LINE Mendunia, BBM Tetap Pede

MALANG – Aplikasi saingan BlackBerry Messenger semakin banyak bermunculan. Setelah WhatsApp yang menjadi “pelarian” user yang “patah hati” terhadap BBM, kini LINE, aplikasi instant messaging dari Proprietary mulai dilirik. BBM harus waspada terhadap aplikasi yang dibuat oleh NHN Jepang, pasalnya jumlah penggunanya sudah 49 juta di seluruh dunia dan tersebar di 230 negara.
Namun demikian, Promotor BlackBerry, Iven Agatha Christy tidak menganggap LINE sebagai ancaman serius terhadap BBM. “Soalnya kalau pakai LINE masih harus bayar lagi lho, ada paketan khususnya, jelas BBM masih dominan untuk urusan instant messaging,” papar Iven kepada Malang Post kemarin.
LINE diluncurkan pada 23 Juni 2011 setelah Jepang digoncang gempa besar Tohoku. Karena sistem komunikasi dasar seperti telepon tidak bisa berfungsi, pengembang software NHN menciptakan aplikasi yang bisa diakses oleh smartphone, tablet dan komputer personal.
Aplikasi ini tidak mengandalkan jaringan milik telepon, tetapi murni mengandalkan internet. Tidak menyangka saluran darurat yang awalnya hanya dipakai untuk komunikasi paska bencana ternyata meledak di pasar aplikasi dunia. Pada Oktober 2011, LINE overload karena pertumbuhan yang terlalu pesat.
Melihat potensi ini, NHN akhirnya mengupgrade aplikasi tersebut dengan pusat server yang lebih mapan. Pada 3 Juli 2012, NHN meluncurkan LINE dengan fitur terbaru, yakni Home dan Timeline. Fitur ini memungkinkan user berbagi perkembangan terbaru antar teman secara real time, mirip dengan jejaring sosial.
Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh LINE, yakni multiplatform, address book, real time confirmation, share foto video dan musik, emoticon yang bervariatif, membuat grup, hingga add friend. “Semua fiturnya sudah mirip dengan BlackBerry Messenger, meskipun secara layout tampilannya beda,” paparnya.
Selain BlackBerry App World, LINE juga tersedia di Android, iOS, Mac OS X, PC bahkan Windows Phone. LINE bisa didownload di negara Inggris, Cina, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Thailand dan Turki. Ada beberapa fitur tambahan yang disediakan oleh LINE.
LINE camera memiliki fungsi seperti Instagram, lengkap dengan 700 stiker dan 100 frame untuk berkreasi dengan foto. Fitur tersebut bisa didapat secara gratis di iPhone dan Android. Ada pula LINE Card untuk mengirim kartu ucapan selebrasi online, serta LINE Brush, fitur editing gambar dengan 27 tipe fitur. Untuk yang terakhir, hanya tersedia di iOS saja.(fin/nda)