Berbekal Android Ice Cream Sandwich

LePhone K860
MALANG – Lenovo terus melebarkan sayap pengaruhnya di pasar smartphone berbasis Android. Meskipun sudah menelurkan berbagai versi Lenovo Phone dalam tiga bulan terakhir, perusahaan teknologi multinasional asal Hong Kong tersebut kembali meluncurkan seri LePhone K860 yang didaulat menjangkau sektor pasar menengah ke atas.
Sales Costumer Service GTC Malang, Adhistra Rizky A memaparkan, LePhone K860 disokong spesifikasi yang mampu bersaing di pasar smartphone premium. “Sistem operasinya saja telah didukung Android 4.0 Ice Cream Sandwich,” terang wanita yang akrab disapa Adis kepada Malang Post kemarin (10/11).
Sistem operasi Android 4.0 membuat tampilan LePhone K860 lebih fresh dan menarik, layaknya hape ber-OS robot hijau lain. Homescreen dan pilihan widget menu juga tertata lebih baik. Apalagi, tampaknya ICS Android 4.0 memang sengaja dibuat untuk mengakomodasi smartphone dengan  navigasi full layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel.
Rasanya, sistem operasi minimal ICS Android 4.0 cukup layak untuk smartphone dengan banderol harga Rp 4,339 jutaan. Tapi, bukan hanya OS saja yang membuat K860 disejajarkan dengan hape-hape premium. “Prosesornya juga sudah quad core tipe Exynos,” papar Adis.
Prosesor ini mengusung kecepatan pengolahan data hingga 1,4 GHz. Dengan chip yang mumpuni tersebut, Lenovo K860 tampaknya sangat siap bersaing dengan ponsel-ponsel super yang telah beredar di pasaran, sebut saja Galaxy S III, HTC One X hingga LG Optimus 4X HD.
Untuk mampu mengimbangi para pesaing-pesaing hebat, Lenovo telah menyematkan RAM berkapasitas 1 gigabit. “Kapasitas RAM ini mampu menjaga kecepatan ponsel ketika memproses data dan perintah yang diberikan user,” papar Adis. Kapasitas memori internal atau ROM-nya sendiri adalah 3,7 gigabit.
Tampilan LePhone K860 sendiri telah didukung bodi yang ergonomis. Mengusung dimensi 74,5 x 143,6 x 9,6 milimeter dan bobot 185 gram, sudah termasuk baterai berkapasitas 2250 mAh, ponsel ini dijejali bluetooth versi 4.0 dan Wireless-LAN 802.11. Kamera ponsel ini tergolong istimewa. Dengan kamera utama beresolusi 8 megapiksel, K860 telah didukung fitur autofocus, optical zoom, dual LED flash.(fin/nda)