S Voice, Perintah Ponsel Melalui Suara

MALANG- Fitur canggih terus melengkapi gadget-gadget anyar keluaran Samsung. Salah satunya adalah S Voice yang mulai ‘ditanamkan’ di Galaxy S III. Bayangkan saja, cukup dengan perintah suara, ponsel bisa melakukan instruksi dari sang pengguna. Fitur baru ini mirip seperti Siri, sistem pengenal suara yang disematkan Apple di iPhone 4S.
S Voice memungkinkan ponsel untuk mendengarkan atau merespon kata-kata dari penggunanya, seperti untuk melakukan pencarian dan kontrol suara di Siri. Selain itu, pengguna juga bisa meminta ponsel untuk ‘menunda’ ketika alarm berbunyi. “Mirip Siri. Jadi nanti pengguna tinggal menekan tombol khusus S Voice untuk mengaktifkan, kemudian tinggal memberi instruksi suara,” beber Septian Aditya, front liner Omega Cell Malang Plaza.
Pengguna juga bisa menggunakan  S Voice untuk memainkan lagu favoritnya, mengubah volume, mengirimkan pesan teks dan email. S Voice juga bisa melakukan pengaturan jadwal di ponsel, secara otomatis menjalankan kamera dan memotret. “Cukup efektif untuk perintah-perintah sederhana seperti mengirim pesan dan melihat jadwal. Itulah kelebihan fitur eksklusif seperti S Voice,” lanjut pria yang akrab dipanggil Tian itu.
Sayangnya, untuk kebutuhan di Indonesia, tampaknya fitur asisten pribadi ini belum bisa dipakai secara efektif dan tepat guna. Pasalnya S Voice belum didukung Bahasa Indonesia. “Inilah salah satu kelemahannya. Belum bisa pakai Bahasa Indonesia. Jadi masih harus pakai Bahasa Inggris,” timpalnya kepada Malang Post.
Tidak hanya Bahasa Inggris, sebetulnya S Voice juga didesain memahami sejumlah bahasa asing seperti Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Latin dan Korea bergantung setting yang dipilih. Samsung sendiri menjanjikan S Voice bakal bisa diajak bicara Bahasa Indonesia dalam waktu dekat.
Hingga kini, masih belum bisa dikatakan S Voice lebih unggul atau justru kalah dari Siri. Para pengamat sempat menguji tanding dua fitur tersebut dalam sebuah rekaman video yang diunggah ke YouTube. Kecanggihan keduanya pun bisa dilihat langsung.
Dalam video tersebut terlihat bahwa dua fitur ini diuji berulang kali dengan mendapat perintah yang sama. Kedua fitur ini juga memberikan hasil sesuai perintah suara dengan tepat. Perintah yang diberikan misalnya menyampaikan cuaca, arah, atau navigasi. Kemudian menulis SMS ataupun mengatur alarm. Pengujian ini memang tidak bisa menjadi rujukan utama, fitur perintah suara manakah yang terbaik. Namun setidaknya, ini bisa menggambarkan kinerja dari keduanya. (tom/nda)