Tablet 7 Inch Kokoh dan Mantap

MALANG- Tak hanya fokus pada pengembangan modem, produsen asal Cina, Huawei mulai berinovasi dengan gadget terbarunya agar bisa bersaing di pasar tablet internasional. Sebagai gacoannya, pabrikan asal Negeri Panda mengandalkan Huawei Mediapad yang diklaim sebagai tablet 7 inch pertama yang menggunakan Android 3.2 Honeycomb.
Huawei Mediapad ditenagai oleh prosesor Qualcomm dual core 1.2 GHz. Banyak yang menyebut piranti yang satu ini bakal menjadi pesaing kuat Galaxy Tab II 7 inch keluaran Samsung. “Memang tidak bisa dibandingngkan mutlak dengan Tab II. Tapi fitur-fiturnya hampir mendekati. Tentu saja Huawei menawarkan harga yang lebih murah. Sekitar Rp 3,7 jutaan,” papar Nana Mardiant, marketing Blackberry Corner Dieng Plaza.
Huawei Mediapad memiliki layar sentuh IPS LCD berukuran 7 inch. Gadget canggih ini dilengkapi juga dengan kamera belakang 5 megapiksel, kamera depan 1.3 megapiksel plus dukungan jaringan HSPA+ up to 14.4 Mbps, Wi-Fi n, 1080p full HD playback, dan Flash 10.3. Sekilas, produk ini memang tampak seperti komputer tablet 7 inch lainnya. Namun inilah komputer tablet pertama yang menjalankan OS Android Honeycomb versi 3.2 seperti dibangga-banggakan pengembangnya.
Tablet ini mengadopsi desain metal unibody dengan bobot yang tidak terlalu berat. Desain tersebut membuat produk ini terasa kokoh dan mantap. “Orang pasti mempertimbangkan kemudahan untuk dibawa kemana-kemana. Meski memiliki fitur komplet, Huawey Mediapad ini cukup ringan,” lanjut Nana.
Di bagian belakang bodinya, pengguna bisa membuka tutup plastik bagian bawah untuk mengakses slot kartu SIM serta micro-SD. Sementara pada bagian depan, terdapat layar berukuran 7 inch yang. Layar ini sepertinya tidak dilindungi oleh lapisan tahan gores seperti yang sedang tren di beberapa komputer tablet atau smartphone belakangan ini. “Untuk micro SD bisa diupgrade hingga 32 giga,” imbuh gadis berambut panjang ini kepada Malang Post.
Kelebihan Mediapad adalah bisa digunakan untuk menelepon walaupun pengguna hanya mengandalkan speaker ataupun headphone. Speaker serta jack untuk headphone tersebut berada di bagian atas tablet. Sementara tombol power dan volume ditempatkan di sebelah kanan. Dari sisi software, Mediapad menyediakan beberapa aplikasi menarik mulai dari  Aldiko, Yozo Office untuk bekerja, hingga game keren Asphalt 6. Dengan demikian segala jenis kebutuhan penggunanya bisa terpenuhi.
Yang paling menarik adalah ketika melongok bagian settings dan memilih pengaturan layar. Ternyata, di dalamnya terdapat pengaturan yang tidak umum yaitu pilihan resolusi. Pengguna bisa memilih antara standard dan high. Ternyata, tampilan ‘asli’ layar komputer tablet ini disetel pada pilihan high. Sementara jika pilihan standard dipilih, tampilan icon serta teks akan membesar. (tom/nda)