Video Call Gratis dengan Google Talk

MALANG- Umumnya, pertimbangan budget menjadi alasan sebagian orang tak berlama-lama menelepon lawan bicara. Bila bukan kebutuhan mendesak, jelas kebiasaan menelepon berakibat pemborosan. Sekalipun masing-masing operator saling berlomba menawarkan paket telepon termurah, tetap saja alokasi biaya yang harus dikeluarkan untuk pulsa saat ini tidak sedikit.
Menyiasati kebutuhan komunikasi di era yang serba modern, agaknya Google Talk (GTalk) bisa menjadi solusi. Layanan aplikasi berbasis web dari Google ini bisa menjadi opsi yang memudahkan tiap pengguna Android untuk saling berinteraksi tanpa menyedot pulsa. Biaya penggunaannya sudah termasuk dalam paket internet yang dibayarkan pengguna.
Bukan sekadar chatting, aplikasi yang kali pertama dirilis pada tahun 2005 itu kini bisa dimanfaatkan untuk video call. Syaratnya, yang akan berkomunikasi harus sama-sama memiliki GTalk di gadgetnya dan piranti masing-masing dilengkapi kamera depan untuk video call. “Biayanya sudah masuk pulsa internet. Kita bisa video call asal lawan bicara juga punya aplikasi serupa,” ujar front liner Sega Malang Plaza, Wawan Setyawan.
GTalk disediakan gratis dan dapat diunduh dengan mengakses Google. Artinya layanan Google Talk hanya dapat digunakan bila pengguna telah memiliki akun di Google. Pesan instan yang ada di antara server Google Talk dan kliennya menggunakan protokol terbuka dan XMPP, yang memungkinkan klien XMPP lainnya untuk berkomunikasi dengan pengguna GTalk.
Sementara itu, VoIP pada GTalk berbasis Jingle protokol. Sehingga teknologi yang dipakai dalam jaringan server google tidak dapat diketahui publik. Layanan GTalk sendiri hanya tersedia untuk sistem operasi yang menggunakan Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Vista dan Windows 7.
Sejatinya, bukan hanya pengguna Android saja yang bisa memanfaatkan Google Talk, karena perangkat lunak yang satu ini sebenarnya juga tersedia untuk smartphone lain seperti Blackberry, iPhone dan T-Mobile G1. Dengan dikeluarkannya gadget pada GTalk membuat seluruh pengguna yang didukung Adobe Flash Player dapat menggunakannya.
Untuk kelemahan Google Talk sendiri ibaratnya bergantung keterbatasan pada ponsel penggunannya. Jika sinyal sedang kuat, video call juga akan lancar tanpa gangguan. “Jadi bergantung operatornya juga. Kalau pas lemot ya video call nya putus-putus. Kalau saat lancar ya tidak ada masalah,” urai Wawan sambil menunjukkan tampilan menu GTalk pada sebuah ponsel. (tom/nda)