Nokia Tawarkan Layanan Peta untuk iOS dan Android

Jakarta - Nokia agaknya berambisi menjadi penyedia layanan peta yang handal di semua sistem operasi. Vendor ponsel asal Finlandia itu bakal menawarkan layanan peta baru bernama Here untuk platform iOS dan Android.
Untuk mendukung ambisinya itu, Nokia telah mengumumkan akuisisi Earthmine, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang menggarap data peta tiga dimensi (3D).  Dikutip dari AFP, proses akuisisi diperkirakan selesai akhir tahun ini. Dengan tayangan tiga dimensi, Here siap bersaing dengan layanan sejenis seperti Apple Maps.
"Kami ingin memberi semua orang dengan semua tipe perangkat kemampuan untuk menggunakan layanan ini, sebuah platform lokasi terbaik di industri," klaim Stephen Elop, CEO Nokia.
Nokia memang mulai serius menggarap bisnis petanya. Sebelumnya, mereka juga telah melisensikan petanya pada beberapa perusahaan seperti Amazon dan Oracle.
Pada tahap pertama, Nokia akan meluncurkan aplikasi Here untuk Apple iOS dalam beberapa minggu mendatang. Versi iOS ini berbasis HTML5. Ia akan menawarkan fitur maps, navigasi, live traffic, transportasi dan sebagainya.
Kemudian Nokia Here akan menyambangi Android serta Firefox OS, sistem operasi baru yang dikembangkan Mozilla. Penasaran seperti apa? Pengguna internet bisa melihat seperti apa preview Here di website here.net. (dtc/nda)