Samsung Galaxy Nexus Menghilang

MALANG- Satu lagi gadget Samsung ‘menghilang’ dari peredaran. Seiring munculnya perangkat canggih macam Galaxy Note II dan Galaxy S III, berdampak kalah bersaingnya Samsung Galaxy Nexus. Hampir sebulan terakhir, handset bersistem operasi Android Ice Cream Sandwich pertama di dunia itu tak lagi dipasarkan.
Tampaknya, sulit bagi Nexus untuk membendung superioritas Galaxy Tab hingga seri Note dan S terbaru. “Nexus sudah tidak keluar. Sepertinya memang kalah bersaing dengan yang baru-baru. Padahal penjualannya cukup stabil sampai sekitar dua bulan lalu,” beber Yuli Lestari, front liner Tiga Putra Gajahmada Plaza.
Padahal, sebenarnya smartphone dari Google yang diproduksi oleh Samsung ini bisa dibilang cukup mumpuni dengan segala fitur yang dimilikinya. Samsung Galaxy Nexus memiliki layar berukuran sangat besar untuk kelas smartphone yakni 4,65 inchi dengan tiga tombol pintas di bagian bawah layar.
Menggunakan jenis Super AMOLED beresolusi 1.280 x 720 piksel, layar HD menampilkan warna sangat cerah dan tajam semuanya tampak begitu besar, mulai dari grafis untuk foto sampai icon. Pengguna dapat menyesuaikan home screen dengan libar bar yang bisa ditempati untuk widget Google Search, ikon menu, dan folder ICS.
Seperti perangkat Nexus lain, Samsung Galaxy Nexus memiliki user interface Android asli bawaan yang tidak khas seperti yang dikembangkan oleh Sony, Samsung, maupun HTC. Tapi cukup bagus bagi pengguna dan pengembang karena memungkinkan untuk dapat menikmati sisi keindahaan dari Ice Cream Sandwich.
Sayangnya walaupun sudah dibekali dengan spesifikasi tinggi tetap saja ada beberapa efek nge-LAG saat digunakan. Keyboard virtualnya menyita seluruh lebar layar, apakah saat digunakan dalam monus potret maupun landscape. Layar utama memiliki tiga baris tombol abjad dengan tanda baca utama diatas. Di baris paling bawah terdapat spasi besar pas berada di tengah tombol.
Beberapa keluhan terjadi saat Samsung Galaxy Nexus mulai dipasarkan seperti substansial lebih berat daripada versi GSM unlocket dan menggandakan kapasitas penyimpanan internal. Bagaimana pun juga tak ada satu ponsel pun yang sempurna, begitu juga Samsung Galaxy Nexus. Kabarnya, fitur kamera pada ponsel yang dibanderol seharga Rp 4 jutaan ini tidak berjalan dengan baik serta tidak adanya slot memori eksternal, OS ngelag, dan tidak ada dukungan Google Wallet. Tapi mempunyai kelebihan, LTE berkecepatan tinggi dan layar sentuh yang cukup baik. (tom/nda)