Lebih Puas dengan Keyboard Qwerty

MALANG- Meski sulit membendung seri Tab, Note ataupun S yang laris di pasaran, Samsung Galaxy Chat nyatanya tak kehilangan pesonanya. Sekalipun tak sebanyak dulu, konsumen masih mencari gadget canggih keluaran pabrikan Korea tersebut. Maklum saja, piranti yang mulai dirilis bulan Juli 2012 ini memiliki sejumlah keunggulan fitur dibanding Android lain.
Tak seperti Android Samsung lainnya yang mengusung Full Touchscreen, Samsung Galaxy Chat malah menggunakan keyboard fisik Qwerty. Agaknya, Samsung memang berinovasi mengeluarkan ponsel khusus sebagai perangkat berkirim pesan singkat. Mereka mengerti kondisi pasar, karena bagi sebagian orang, layar sentuh cukup merepotkan bila harus dipakai menulis pesan dengan cepat. “Kelebihan inilah yang membuat Galaxy Chat masih disukai,” terang marketing Karna Jaya Cell Malang Plaza, Reza Haski.
Samsung Galaxy Chat merupakan smartphone Android yang berjalan pada sistem operasi Ice Cream Sandwich. Apilikasi sosial media menjadi fitur utama yang ditonjolkan. Apalagi penampilannya cukup enak dilihat karena menggunakan user interface ala Touchwiz. Hanya saja, layarnya masih berukuran 3 inch dan baru sanggup menampilkan kepadatan warna 133 ppi.
Kendati ramping, namun desain Galaxy Chat cukup tebal, yakni 11.7 mm. Tentu saja agak berbeda dari tipe Android lain yang lebih tipis. Namun perangkat yang satu ini dilengkapi memori internal 4 GB yang bisa diupgrade lagi hingga 32 GB dengan menambahkan microSD pada slot yang telah disediakan. Belum lagi, Galaxy Chat juga ditunjang konektivitas WiFi yang bekerja cukup baik. Selain itu juga sudah ada bluetooth untuk kebutuhan media transfer file antar ponsel.
Tanpa dipersenjatai kamera di bagian depan, kamera Galaxy Chat bisa dijumpai di bagian belakang. Di sana ada kamera 2 MP dengan resolusi 1600 x 1200 pixels. Karena tidak memiliki kamera depan, maka dukungan 3G HSDPA 900/2100 hanya dapat difungsikan untuk melakukan chatting saja, sesuai seperti namanya Samsung Galaxy Chat.
Samsung Galaxy Chat merupakan smartphone Android kedua Samsung yang dibekali keyboard fisik setelah Galaxy Pro, sekaligus yang pertama menggunakan OS Android ICS 4.0 dengan keyboard qwerty. Saat ini Galaxy Chat dibanderol harga Rp 1,2 jutaan. “Dengan OS Android ICS 4.0 itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Gakaxy Chat,” imbuh Reza kepada Malang Post. (tom/nda)