Pesaing Google Glass Muncul

Jakarta - Kacamata pintar Google Glass mendapat saingan. Adalah produsen bernama Vuzix yang juga menggarap kacamata dengan kemampuan serupa. Mereka pun siap menjual produknya di pertengahan tahun 2013. Dinamakan Vuzix Skart Glasses M100, piranti ini diperkuat dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich.
Meniru desain headset Bluetooth, M100 terdiri dari layar virtual display yang terintegrasi dengan WiFi dan Bluetooth, kamera 720p HD dan head-tracking sensor. Terdapat juga noise-canceling microphone serta speaker. Kameranya sendiri bisa membidik foto atau video dengan resolusi 1280x720 yang bisa disimpan dalam kartu memori 8 GB-nya.
Dikutip dari Cnet, headset ini juga bisa menampikan data yang dikumpulkan oleh smartphone ke pandangan si pengguna. Adapun smartphone yang dimaksud tak terbatas hanya Android, melainkan ia juga bisa bekerja dengan iPhone.
Cnet menggambarkan bahwa image yang ditampilkan serupa dengan saat memegang layar smartphone dengan jarak 14 inch dari mata. Prototipe dari piranti itu akan dipamerkan di ajang Consumer Electronic Shows yang digelar pada Januari tahun depan. President and Chief Executive Vuzix, Paul Travers mengatakan ia akan membanderol pirantinya kurang dari USD 500. (dtc/nda)