RIM Siapkan 100 Ribu Aplikasi pada BB10

JAKARTA - Research In Motion (RIM) memproyeksikan akan ada 100 ribu aplikasi saat peluncuran perangkat BlackBerry 10 (BB10), meski kedua rival yakni Apple dan Google, memiliki lebih dari 700 ribu aplikasi saat ini. Walaupun menawarkan jumlah aplikasi yang lebih sedikit pada awal peluncuran BB10, RIM tetap optimis.
"Dalam pandangan saya, sangat picik jika mengatakan 'Anda punya 600 ribu, 400 ribu, dan Anda hanya punya 100 ribu aplikasi, maka Anda tidak bagus'," kata Chief Executive Officer (CEO) RIM Thirsten Heins, seperti dilansir dari Reuters, Minggu (18/11).
 "Lihatlah berapa banyak sebenarnya yang bisa diunduh. Saat ini, BlackBerry App World masih menjadi portal paling menguntungkan bagi pengembang aplikasi karena memiliki jumlah unduhan aplikasi berbayar yang tinggi," lanjutnya.
 Heins mengatakan jejaring sosial seperti LinkedIn, Foursquare, Twitter, dan Facebook, akan turut meramaikan aplikasi yang diluncurkan untuk BB10. Sayangnya, dia menolak menyebutkan pemain besar aplikasi lain yang akan bergabung dengan RIM di hari peluncuran perangkat BB10 pada 30 Januari mendatang.
"Izinkan saya berbicara mengenai hal itu pada 30 Januari, jika tidak kejutannya akan berkurang," pungkasnya.
Sebelumnya, perusahaan asal Kanada ini menyatakan lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas dan menargetkan aplikasi untuk pelanggan di berbagai daerah. Meski mengakui bahwa "perpusatakaan" aplikasi memainkan peran penting dalam keberhasilan smartphone, namun Heins mengatakan tagetnya bukan hanya soal angka. (oke/nda)