Sony Xperia Tipo Terus Berjaya

MALANG - Saat dirilis bersamaan bulan Juni lalu, Sony menargetkan Xperia Miro untuk kalangan menengah ke atas dan Xperia Tipo untuk kelas menengah ke bawah. Dengan fitur yang nyaris serupa dan selisih harga yang jauh, Tipo lebih populer dan berjaya. “Tipo boleh disebut yang paling murah dibanding seri Xperia lainnya. Tapi untuk fitur tidak kalah,” papar Wawan Setyawan, front liner Sega Malang Plaza.
Sony Xperia Tipo adalah smartphone dari Sony yang menggunakan OS Android Ice Cream Sandwich (ICS) selain Xperia Miro. Tipo menggunakan prosesor chip Qualcomm MSM7225AA 800 MHz, memori RAM 512 MB serta memori internal 3GB yang didukung dengan slot MicroSD.
Tipo memberi nilai lebih dibanding para pesaing di kelas yang sama. Misalnya, di sisi multimedia yangmana handset ini dibekali teknologi Xloud untuk meningkatkan volume suara musik tanpa mengorbankan kualitas audio. “Sangat cocok bagi pengguna yang mengutamakan keunggulan audio. Seperti mereka yang suka mendengarkan musik dari ponsel,” imbuh Wawan.
Sang pengembang sendiri agaknya memang mengusung karakter Tipo sebagai piranti full entertainment. Pada peredarannya di Indonesia, tiap Xperia Tipo dilengkapi aplikasi “Musikkan Hidupmu”. Layanan ini menawarkan pengguna mengunduh lagu sepuasnya selama satu bulan gratis berkat kerjasama dengan Melon, penyedia layanan musik legal.
Spesifikasi lain Tipo diantaranya kamera 3,2 megapixel, layar 3,2 inch resolusi 320 x 480 pixel dan storage internal 2,9 GB. Pengguna Tipo juga akan mendapatkan layanan penyimpanan cloud gratis 50 GB. Tipo sendiri diklaim awet karena kekuatan baterai 1500 mAh yang dimilikinya dapat bertahan dalam waktu siaga sekitar 24 jam.
Dengan segala fitur yang menjanjikan tersebut, Xperia Tipo dilego pada kisaran Rp 1,5 jutaan. Tak heran bila kemudian Tipo diklaim sebagai smartphone paling terjangkau harganya dibanding produk Sony lainnya.
Sebagai pembanding, Sony Xperia Tipo disebut-sebut menjadi tandingan Samsung Galaxy Mini 2. Bila Galaxy Mini 2 unggul di sektor penampang layar yang sedikit lebih luas dan juga memiliki tambahan sejumlah fitur wah dari seri sebelumnya, Tipo dinilai unggul pada sistem operasinya yang sudah mengusung Android ICS. Untuk harganya pun keduanya bersaing ketat. (tom/nda)