Aplikasi Apple Palsu Muncul di Play Store

JAKARTA - Selain mengandalkan pihak ketiga, Apple juga membuat aplikasi sendiri khusus untuk pengguna device-nya. Namun apa jadinya bila aplikasi tersebut juga nongol di toko online kompetitor milik Google, Play Store.
Ya, kejadian mengherankan ini terjadi beberapa waktu lalu. Aplikasi khusus seperti iPhoto, iMovie dan Garage Band muncul di toko aplikasi Android. Tidak hanya itu, aplikasi iWork seperti Keynote, Pages dan Number juga muncul. Padahal, aplikasi tersebut seharusnya hanya berjalan di perangkat berbasis iOS atau OS X.
Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata sejumlah aplikasi tersebut adalah aplikasi abal-abal yang mencatut nama Apple. Tujuannya sudah pasti, mereka ingin menjebak pengguna Android untuk melakukan berbagai kejahatan cyber.
Hasil penelusuran menyebutkan, aplikasi 'Apple' di Google Play Store tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa yang kemudian disisipkan dengan malware atau virus. Demikian yang dikutip dari Softpedia, Senin (19/11).
Agar lebih meyakinkan korbannya, si penjahat menampilkan gambar aplikasi persis seperti yang ada di App Store. Beruntung, ada beberapa pengguna yang sadar akan kejanggalan tersebut langsung melaporkannya ke Google. Pihak pengelola sendiri langsung menghapusnya dari Play Store. (dtc/nda)