Galaxy Y, Solusi Smartphone Android Murmer

MALANG- Dengan berbagai fitur mutakhirnya, siapa yang tak tertarik memiki gadget canggih keluaran Samsung seperti seri Galaxy Tab, Note atau pun S. Sayang, untuk memilikinya kita harus merogoh kocek cukup dalam. Tentu saja banyak orang yang masih pikir-pikir untuk menebus ponsel pintar tersebut.
Jika memiliki dana cekak namun ingin menjajal kecanggihan Android, Samsung Galaxy Young atau lebih akrab disebut Galaxy Y bisa menjadi alternatifSmartphone yang satu ini sudah memiliki fitur standar yang cukup komplet. Misalkan saja WiFi, GPS, hotspot tethering, Bluetooth, kamera, kompas, accelerometer dan proximity sensor.
Fitur tersebut umumnya dapat dinikmati pada smartphone kelas menengah ke atas. Kelebihan itulah yang membuat Galaxy Y hingga kini masih laris di pasaran. “Galaxy Y masih diminati karena selain murah, fasilitasnya lengkap,” terang promotor Samsung Malang Plaza, Mutia Fatma.
Dibanderol seharga Rp 1,1 juta, smartphone dengan harga terjangkau ini ternyata sudah menggunakan sistem operasi Android Gingerbread dengan versi 2.3.5. Padahal, saat ini masih banyak smartphone dengan harga lebih tinggi yang belum mengadopsi Gingerbread. Penggunaan sistem operasi ini pun akan mendukung kerja prosesor yang telah terpasang sehingga membuat penggunaan smartphone lebih responsif. “Meskipun fiturnya terbilang standar, namun sudah mewakili kecanggihan Android,” tandas Mutia kepada Malang Post.
Secara default, Samsung Galaxy Y memiliki tiga buah home screen. Home screen pertama adalah yang utama. Pengguna nantinya dapat menambah home screen sesuai kehendak masing-masing. Untuk penggunaan layar kapasitifnya pun cukup mumpuni. Saat digunakan untuk bernavigasi, layar yang digunakan sangat responsif.
Samsung Galaxy Y dipersenjatai kamera 2 MP non autofocus. Walaupun resolusinya masih cukup rendah, tetapi saat berada dalam pencahayaan yang baik, gambar yang dihasilkan tidaklah buruk.  Smartphone kecil ini tidak lupa dilengkapi dengan fungsi multimedia. Yang uniknya, fungsi memainkan file audio ternyata mengeluarkan suara cukup baik pada earphone.
Daya tahan baterainya juga tak perlu diragukan. Galaxy Y dapat memutar file video dengan format MP4 secara terus menerus sampai waktu 10 jam 30 menit. Padahal baterainya standar, yaitu berkapasitas 1200 mAh. Memori RAM yang dipasangkan di smartphone ini berkapasitas 256 MB. Untuk memori internalnya, Samsung sudah memasangkan memori NAND Flash sebesar 160 MB. (tom/nda)