Tahan Banting dan Tahan Air

MALANG- Bila ingin memiliki ponsel canggih sekaligus tahan banting, sebaiknya mulai arahkan perhatian pada gadget yang satu ini. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, bisa jadi Sony Xperia Acro S LT26W jawabannya. Acro S diklaim sebagai smartphone kedua ‘tercanggih’ dari keluarga Sony Xperia setelah Xperia ion LT28at.
Dibanderol seharga Rp 4,9 Jutaan, beragam fitur canggih sudah tertanam pada piranti yang juga disebut-sebut memiliki daya resistensi tertinggi di antara produk Android lain. “Acro S bisa bertahan 30 menit di dalam air dengan kedalaman 1 meter. Bahkan masih bisa menyala untuk memutar musik maupun foto dalam air,” terang promotor Sony, Sindy Meyrilda.
Dari sisi desain, smartphone ini terbilang bongsor dengan tetap mengandalkan konsep full bar uni body. Xperia acro S memiliki dimensi 126 x 66 x 11,9 mm dan berat 147 gram. Ukurannya yang lumayan bongsor ini tentu terkait dengan keberadaan fitur dan fasilitasnya yang cukup ‘berbobot’. Untuk layarnya saja punya bentang 4.3 inch dengan resolusi 720x1280 pixels.
Sony berusaha menampilkan kehebatan kualitas layar pada acro S, ini dibuktikan dengan adopsi teknologi Sony mobile Bravia Engine serta kerapatan pixels pada layar yang mencapai 342 ppi. Layar Acro S memiliki kedalaman 16 juta warna, untuk mendukung respon yang cepat, tentunya teknologi capacitive tak lupa disertakan. Sony juga memberi perlindungan pada layar dengan lapisan anti gores.
Lepas dari itu semua, Sony Xperia acro S sejatinya merupakan smartphone Android outdoor. Buktinya smartphone ini telah mendapatkan sertifikasi IP57 untuk ketahanan pada cipratan air dan debu. Bila melihat dari sosok body-nya memang semua nampak serba rapat dan dilengkapi penutup. Secara keseluruhan, pada atas layar terdapat notification LED, proximity sensor, dan lensa kamera sekunder.
Lalu di bawah layar disematkan touchpad untuk back, home key, dan menu key. Dibawah uturan touchpad baru terdapat lubang mikrofon  “Selain anti debu dan layar anti gores, acro S juga tahan disemprot water jet on selama tiga menit,” lanjut Sindy kepada Malang Post.
Sony Xperia acro S punya kemampuan kamera yang sepadan dengan Xperia ion, yakni dengan bekal resolusi kamera utama 12 Mpix (4000x3000 pixels) serta kemampuan kamera sekunder dengan resolusi 1,3 Mpix. Selain telah dibekali flash light, kamera telah dilengkapi menu pendukung seperti touch focus, auto focus, macro mode, landscape, portrait, night, party, dan lainnya. Juga ada moda tambahan jika Anda tertarik untuk gunakan, seperti Panorama dan 3D. Kemampuan rekam video bekerja sangat baik dengan kualitas HD (high definition) 1080p dan video stabilizer.
Dibanding Xperia ion, pada versi uji cobanya, Sony Xperia acro S sudah berjalan di platform OS Android 4.0.4 ICS (Ice Cream Sandwich). Adopsi versi Android terbaru ini menjadikan visual menu dan navigasi jadi lebih menarik. Sebagai smartphone dengan segudang kebisaan, sudah barang tentu urusan dapur pacu bukan sembarangan. Xperia Acro S dibekali prosesor dual core 1.5 Ghz Snapdragon. Selancar menu juga didukung chipset Qualcomm MSM8260 dan kualitas visual GPU Adreno 220.
Untuk memasok kinerja beragam fitur yang berat, smartphone ini ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 1910 mAh. Dari kapasitas tersebut, waktu siaga dalam moda 3G mencapai 290 jam, dan pada moda 2G 310 jam. Sedangkan untuk waktu bicara,  dalam moda 2G bisa mencapai 7 jam, dan pada moda 3G mencapai enam jam.(tom/eno)