Tablet Harga Terjangkau dengan Vitur Lengkap

MALANG - Komputer tablet sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Sayang, harga tablet keluaran pabrikan ternama masih cukup mahal. Tak salah bila kemudian produsen seperti Axioo mencoba meramaikan pasar tablet dengan merilis Axioo Pico Pad 7 yang dilego seharga Rp 1,8 Jutaan saja.
Untuk ukuran tablet murah, layar Axioo Pico Pad 7 yang berukuran 7 inch tergolong bagus karena sudah mendukung kualitas high definition. Dibanding Pico Pad versi pertama, kualitas layarnya sudah lebih bagus karena teknologi multi-touchnya sudah mendukung sampai lima poin. Secara default, layar memiliki lima homescreen yang bisa diakses dengan menyapu layar ke kanan atau ke kiri.
Tablet ini bisa dimasukkan ke dalam saku celana karena bentuknya yang mungil. Desainnya sekilas mirip Samsung Galaxy Tab 7 yang ergonomis dengan lengkung di bagian pojok. Tak kalah penting adalah fungsi Pico Pad 7 yang bisa digunakan telepon dan sms. “Jadi mulai desain dan fiturnya sudah cukup mumpuni untuk segala kebutuhan,” ujar Alief Syafii, marketing Juragan Tablet Dieng Plaza.
Axioo Pico Pad 7 tidak dibekali dengan koneksi internet berbasis selular baik GSM maupun CDMA dan hanya tergantung pada jaringan WiFi. Tetapi karena mendukung USB on the go, maka bisa dipasang modem dongle yang saat ini hanya support merek Huawei. Tidak ketinggalan, browser telah mendukung Flash dan incognito (jelajah web privasi). “Untuk spesifikasi bisa dibilang unggul dibanding produk Cina lainnya,” lanjut Alief.
Tablet ini hanya menyertakan satu kamera di bagian depan. Resolusi maksimal hanya VGA sehingga pengguna tidak bisa berharap banyak. Terdapat beberapa pengaturan khas kamera digital yaitu digital zoom, white balance, dan exposure. Kamera juga bisa digunakan untuk merekam video. Seperti di tablet premium, Pico Pad 7 bisa memutar film dengan format full HD 1080p dengan codec AVI, WMV, MPEG, MPG, serta FLV.
Untuk memenuhi kebutuhan kantoran, telah disediakan aplikasi Documents To Go. Menariknya, aplikasi ini full version sehingga pengguna tak hanya bisa membaca, tetapi juga membuat dan mengedit tulisan. Ada tiga jenis dokumen yang bisa dibuat yakni MS Word, MS Excel, dan MS Power Point. Selain memotret, kamera juga bisa digunakan untuk video chatting menggunakan Skype, Google Talk atau aplikasi lainnya.
Kinerja Pico Pad 7 sendiri tak perlu diragukan, karena memiliki prosesor single core 1,2 GHz sehingga tablet mampu menjalankan aktivitasnya dengan lancar. Meski untuk aplikasi yang tergolong berat masih belum memadahi. Tetapi untuk penggunaan sehari-hari sudah sangat mencukupi. Apalagi prosesor grafis (GPU) juga cukup handal sehingga memainkan film full HD maupun game tidak ada masalah berarti.(tom/eno)