Asha 311 Siap Masuk Malang

MALANG - Satu lagi produk Nokia bersiap menyapa pecinta gadget di Malang. Setelah sebelumnya seri Asha 305, 306, 308 dan 309 mulai menunjukkan tajinya, kini giliran Asha 311 bersiap memikat hati penggemar piranti pabrikan Eropa tersebut.
“Saat ini memang barangnya masih susah didapatkan di Malang. Mungkin awal bulan Desember sudah mulai booming. Sekarang saja sudah banyak yang menanyakan Asha 311,” ujar Hada, frontliner Ivan Cell Matos.
Desain Asha 311 disebut-sebut sangat mirip dengan Asha 306. Ponsel candybar ini dibentuk dari plastik yang sangat kokoh dan mengkilap. Speakernya ditempatkan di bagian belakang bawah kamera. Sedangkan headphone jack, microUSB port dan port pengisian di samping atas seperti halnya seri-seri Asha yang lain.  
“Memang mirip Asha 306, tapi lebih kecil,” tandas Hada kepada Malang Post.
Sama seperti Asha 305, Asha 11 juga berjalan pada Nokia Series 40 OS, namun jauh lebih fungsional dibanding seri terdahulu. Layar 3 inch kapasitif bisa merespon dengan baik dan bahkan ada dukungan untuk dual multi touch. Adapun drop-down bar notifikasi memungkinkan pengguna langsung melompat ke tugas-tugas seperti SMS, panggilan dan pemutar musik. Dimana di sana juga memiliki saklar toggle untuk data, Bluetooth, Wi-Fi dan mode diam.
Pemutar musik Asha 311 tidak jauh berbeda dengan generasi pendahulunya. Pengguna dapat mengurutkan musik berdasarkan album, genre artis atau melalui playlist. Bahkan bisa melakukan preset equalizer dan memiliki pilihan untuk streaming audio melalui bluetooth. Audio yang dihasilkan speakernya cukup keras, ibaratnya cukup untuk meriuhkan sebuah ruangan kecil.
Di dalamnya juga sudah ditanamkan fitur Radio FM dengan dukungan RDS, tapi tidak ada antena internal sehingga pengguna masih memerlukan headset. Pemutar videonya hanya mendukung format seperti MP4. Karena sudah memiliki aplikasi Nokia Music, maka pengguna bisa mengakses dan mengunduh langsung musik-musik pilihan secara gratis.
Nokia Asha 311 ditunjang GSM quadband dan handset 3G dengan didukung kecepatan data 3G hingga 14.4 Mbps. Pengguna juga mendapatkan Wi-Fi b/g/n dan bluetooth v2.1. Aplikasi dan fitur lain yang tertanam di dalamnya termasuk Nokia Life, File Manager, Radio Internet dan Cuaca.
“Ada juga beberapa aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Orkut, WhatsAppm Nimbus dan banyak permainan,” beber Hada menerangkan kelebihan ponsel yang saat ini dibanderol pada kisaran Rp 1,4 jutaan tersebut. (tom/fia)