iPhone 4S Belum Tergeser iPhone 5

MALANG - Meski sudah dirilis beberapa bulan lalu, nyatanya Apple iPhone 5 masih susah didapatkan di Malang. Tak heran bila saat ini, penggemar gadget canggih asal Amerika itu masih berminat dengan iPhone 4S yang dianggap tak berbeda jauh dari ‘adiknya’ tersebut.
“Masih ada saja yang mencari iPhone 4S walaupun tergolong eksklusif. Saat ini harganya masih di kisaran Rp 7,6 jutaan,” terang Kristin Rahayu, Marketing Blackberry Corner Dieng Plaza.
Lantas apa saja yang menjadi perbedaan antara iPhone 5 dan iPhone 4S? Secara tampilan, keduanya sekilas terlihat mirip. Apple memang tidak banyak melakukan banyak perubahan desain kepada perangkat-perangkat terbarunya. Namun, setelah diamati lagi, perbedaan antara tampilan iPhone 5 dan iPhone 4S terletak pada ukuran dan warna.
iPhone 5 memiliki ukuran layar yang lebih lebar, yakni 4 inci. Layar ini sudah dilengkapi dengan teknologi Retina Display dengan resolusi 1136 x 640 pixel. Sedangkan iPhone 4S mempunyai layar berukuran 3,5 inci atau mirip dengan ukuran yang dimiliki oleh pendahulunya, iPhone 4.
Layar iPhone 4S juga sudah dilengkapi dengan teknologi Retina Display namun memiliki resolusi gambar yang lebih kecil, yakni 960 x 640 pixel. Perbedaan ukuran layar ini jelas mempengaruhi bobot dan dimensi dari kedua perangkat smartphone besutan Apple ini.
iPhone 5 memiliki dimensi ukuran yang tentunya lebih besar, yakni 123,8mm (tinggi) x 58,6mm (lebar) x 7,6mm (ketebalan) dengan bobot 112 gram. Sedangkan iPhone 4S mempunyai dimensi 115mm x 58,6mm x 9,3mm dengan bobot yang lebih berat yakni 140 gram.
“Meskipun secara dimensi iPhone 5 memiliki ukuran bodi yang lebih besar, tetapi bobotnya justru lebih ringan dari pendahulunya,” beber Kristin.
Seperti produk-produk terdahulunya, iPhone hadir dengan dua pilihan warna, hitam dan putih. Bedanya, iPhone terbaru ini menyematkan dua warna tadi dengan kombinasi warna lain. iPhone 5 warna hitam dikombinasikan dengan warna slate (abu-abu seperti warna batu tulis) di bagian belakangnya. Sedangkan varian warna putihnya digabungkan dengan nuansa perak (silver) pada punggungnya.
Tentu saja iPhone 4S masih kalah dalam hal dapur pacu. Lantaran iPhone 5 dipersenjatai dengan prosesor terbaru yang bernama A6. Oleh Apple, prosesor baru ini diklaim dua kali lebih cepat dari prosesor A5 yang dipakai oleh iPhone 4S. Prosesor A6 juga disebutkan memiliki kemampuan grafis dua kali lebih baik dari pendahulunya.
Untuk kamera sendiri sebetulnya tak ada perbedaan mencolok diantara keduanya. iPhone 5 menggunakan kamera belakang (iSight Camera) beresolusi 8 megapixel yang sudah dilengkapi dengan autofokus dan lampu kilat LED flash. Kamera ini mirip dengan yang digunakan oleh iPhone 4S.
Sedikit perbedaannya terletak pada kamera depan atau kerap disebut Face Time Camera. Kamera depan iPhone 5 mempunyai resolusi 1,2 megapixel dan dapat merekam video secara HD (720p). Kamera ini berbeda dengan yang disematkan pada iPhone 4S yang 'hanya' beresolusi VGA, baik untuk pengambilan foto maupun perekaman video.
Perbedaan lainnya antara iPhone 5 dan pendahulunya terletak pada SIM card. Jika iPhone 4S menggunakan SIM card yang bernama Micro-SIM, iPhone 5 sudah memakai Nano-SIM. Karena disebut 'nano' maka sudah pasti ukuran SIM card ini berukuran lebih kecil dari Micro-SIM.
Sedangkan perbedaan terakhir dari kedua perangkat ini terletak pada piranti konektor. iPhone 5 melakukan revolusi dengan menghadirkan konektor lebih mungil yang diberi nama Lightning. Konektor ini menggantikan 30-pin connector yang dipakai oleh iPhone 4S dan perangkat-perangkat sebelumnya.
“Jadi secara fitur sebetulnya iPhone 4S masih cukup mumpuni. Bahkan saat ini tingkat penjualannya bersaing dengan iPad. Tinggal menunggu saja bagaimana saat nanti iPhone 5 sudah mudah didapatkan,” pungkas Kristin kepada Malang Post. (tom/fia)