BBM Versi 7 Senangkan Konsumen

MALANG-  Tak bisa dipungkiri, bahwa BlackBerry Messenger (BBM) masih menjadi salah satu fitur terpopuler yang ada pada perangkat BlackBerry. Research In Motion (RIM) sendiri menyadari hal itu sehingga kemudian menyiasati bagaimana cara untuk menyenangkan konsumennya melalui aplikasi BBM. Alhasil, RIM kini telah meluncurkan aplikasi BBM baru yaitu versi 7 (saat ini dalam tahap beta). Versi baru ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara melalui fitur BBM voice. “Tidak perlu pakai pulsa, karena cukup pakai BBM. Jadi langsung bisa menghubungi contact BBM yang dituju,” terang Iven Agatha, promotor BlackBerry Malang Plasa. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan panggilan ke kontak BBM lainnya secara gratis melalui jaringan WiFi. Tampaknya, inilah yang masih menjadi nilai minus BBM 7 karena baru bisa dioptimalkan pada tempat ber-hot spot.
“Sayangnya masih sangat tergantung WiFi. Jadi harus lihat-lihat tempat dan jaringannya dulu,” lanjut Iven, panggilannya. Meski nantinya bisa saling berkomunikasi langsung seperti telepon pada umumnya, pengguna masih dapat berpindah dari percakapan teks ke panggilan suara. Bahkan pengguna dapat membagi layar untuk mengirim pesan sambil melakukan panggilan.
Tentu saja, yang bisa dihubungi dengan aplikasi gratis ini adalah kontak yang juga memiliki fitur serupa. Nantinya aplikasi BBM akan memberikan indikator untuk menunjukkan kontak BBM mana saja yang tersedia untuk menerima panggilan. “Jadi harus sama-sama sudah ada BBM 7 agar bisa saling komunikasi,” tandasnya kepada Malang Post.
Seperti aplikasi lainnya, untuk memiliki fitur anyar ini, pengguna BlackBerry harus lebih dulu mengunduhnya. Caranya bisa dengan membuka situs www.blackberry.com/beta kemudian download file. Setelah proses registrasi, barulah versi canggih ini bisa digunakan. Proses pengunduhan gratis dan cukup memanfaatkan internet service.  Hanya saja, BBM 7 dengan BBM Voice ini masih dalam tahap beta sehingga hanya tersedia untuk perangkat dengan OS 6.0 ke atas. “Untuk OS 5 masih belum bisa. Artinya, minimal Blackberry Curve 9320 alias Armstrong yang sudah bisa,” pungkas Iven. (tom/mar)