Gabungkan Acro S dan Active

MALANG - Dengan beragam fitur yang ditawarkannya, siapa yang tertarik memiliki Sony Xperia Acro S yang diklaim sebagai ponsel dengan daya resistensi tertinggi sehingga tahan air dan kedap debu. Sayang, harga gadget canggih yang satu ini masih cukup mahal. Namun, jangan buru-buru kecewa karena Sony rupanya telah menyiapkan ‘adik’ dengan kemampuan nyaris sama namun harga lebih bersahabat.
Adalah Sony Xperia Go yang disebut-sebut memiliki kemampuan hampir setara dengan Xperia Acro S. Kemunculannya pun langsung mencuri perhatian. “Dengan daya resistensi yang tak kalah serta daya kedap debu dan tahan banting, Xperia Go hanya dibanderol Rp 2,8 jutaan saja,” ujar Sindy Meyrilda, promotor Sony Gajahmada Plaza.
Sony Xperia Go memang didesain unggul dalam ketahanan air dan debu dengan peringkat Ingress Protection (IP) 67, yang berarti ponsel tetap kebal meski dibenamkan seutuhnya ke dalam air.
“Bisa bertahan 30 menit di kedalaman 1 meter. Bahkan bisa dibuat berfoto di dalam air,” lanjut Sindy kepada Malang Post.
Namun, bukan berarti pengguna bebas memakai ponsel saat underwater meskipun penutup lubang micro USB dan konektor headset telah terpasang rapat. Sony memperingatkan pengguna Xperia Go untuk tidak dengan sengaja memakai dan merendam ponsel di air laut, kolam renang, air panas, pasir atau lumpur, bahan kimia cair dan bahkan dipakai saat menyelam kendati nilai IP67 menunjukkan ponsel tetap dapat digunakan dalam kondisi cuaca ekstrem seperti hujan atau salju.
Xperia Go disebut-sebut sebagai generasi penerus Xperia Active yang juga tahan debu dan air. Namun ada perbedaan mulai dari bentuk, ukuran dimensi dan layar. Xperia Go mengusung kamera 5 MP, Android 2.3 dan prosesor 1 GHz. Berbeda dengan Xperia Go, sisi belakang Xperia Active dapat dibuka ketika pengguna akan memasukkan kartu operator atau melihat baterai.
Smartphone ini memakaai chipset Novathor U8500 besutan ST Ericsson dengan prosesor ARM Cortez A9 berinti ganda (dual core).  Xperia go juga sudah dilengkapi jaringan nirkabel WiFi dan Bluetooth. Dengan kemampuan tahan air bersistem operasi Android, Xperia go bersaing dengan produk pabrikan lain seperti Samsung Galazy Xcover, Panasonic Eluga, Motorola Defy XT535 atau bahkan koleganya sendiri, Xperia acro S. (tom/fia)