Nitendo Unggulkan Layar di 3DS XL

MALANG- Setelah meluncurkan produk 3DS, kini Nintendo mengeluarkan produk baru sebagai peningkatan dari seri game genggam tersebut. Revisi atas 3DS tersebut dinamakan 3DS XL. Saat ini harganya berkisar Rp 2,1 jutaan. Apa sajakah kelebihan Nintendo 3DS XL dibandingkan dengan Nintendo 3DS?
Pertama adalah ukuran layar. Nintendo 3DS dan 3DS XL sama-sama memiliki dua buah layar, yaitu satu layar atas dan satu layar bawah. Ukuran layar atas pada Nintendo 3DS adalah 3.53 inci, sedangkan pada 3DS XL ukurannya diperbesar 1.35 inci menjadi 4.88 inci.
Dengan peningkatan menjadi 4,88 inci, maka bisa dibilang ukuran layar 3DS XL 90 persen lebih besar dari pada 3DS original. Layar bawahnya juga dikembangkan, dari ukuran 3.02 inci pada 3DS menjadi 4.18 inci.
“Kelebihannya sudah 3D dan ukuran layarnya lebih luas. Jadi semakin memanjakan gamers,” terang Riswan, marketing Super Game Mall Olympic Garden (MOG).
Kartu memori Nintendo 3DS XL berukuran 4 GB, berbeda dengan 3DS yang hanya memiliki kartu memori berukuran 2 GB. Daya tahan baterai 3DS XL kabarnya juga lebih lama dan ada peningkatan pada bagian memory card, yaitu menjadi sebesar 4GB.
Dari perubahan ukuran layar saja sudah dapat diperkirakan terjadi penambahan berat dari Nintendo 3DS ke 3DS XL. Berat Nintendo 3DS adalah 230 gram, sedangkan 3DS XL beratnya 336 gram. Yang sedikit mengecewakan dari produk ini adalah baterainya yang hanya mampu bertahan selama 3.5 - 6.5 jam. Pada seri-seri DS sebelumnya, baterai dapat bertahan 6 - 8 jam.
Untuk meringankan biaya yang harus dikeluarkan konsumen, pihak Nintendo menjual AC Adaptor dan Charging Cradle secara terpisah. Bagi yang sudah memiliki produk Nintendo 3DS, tidak perlu membeli AC Adaptor dan Charging Cradle 3DS XL karena alat-alat tersebut dapat digunakan untuk kedua konsol. “Karena secara kemampuan sebetulnya tidak ada perbedaan mencolok diantara keduanya,” lanjut Riswan kepada Malang Post.
Ada tiga varian warna yang bisa dipilih, yaitu putih, merah-hitam dan silver-hitam. Saat dilaunching beberapa waktu lalu,  dirilis pula empat game 3DS baru, yaitu Kingdom Hearts 3D Dream Drop Distance, Theatrhythm Final Fantasy, New Art Academy dan Freaky Forms Deluxe. Semua software 3DS dapat digunakan pada 3DS XL. (tom/fia)