Nokia Asha 308 Geser Seri 309

MALANG- Begitu resmi diluncurkan beberapa waktu lalu, Nokia Asha 308 langsung menjadi primadona. Kembaran Asha 309 itu diburu karena dipersenjatai fitur mumpuni namun dibanderol dengan harga terjangkau.
“Saat ini harganya Rp 949 ribu. Lebih rendah sedikit dibanding Asha 309. Tapi kemampuannya hampir sama,” ujar Frontliner Sentra Ponsel Malang Plaza, Fany.
Maklum saja, baik Asha 308 maupun Asha 309 memang mengusung spesifikasi yang setara. Antara lain layar sentuh kapasitif 3 inci, prosesor 800MHz, dukungan microSD sampai 32GB, dan baterai 1100mAh. Keduanya juga dibekali kamera 2MP. Namun, Asha 308 merupakan ponsel cerdas berkemampuan dual GSM yang bisa diganti tanpa perlu mematikan ponsel tersebut.
Kelebihan tersebut bernama Easy Swap Dual-SIM. Keunggulannya yaitu memudahkan pengguna untuk menukar dua keping kartu SIM tanpa harus melepas baterai. Hal itulah yang tidak dimiliki Asha 309.
“Hanya saja Asha 309 memiliki koneksi Wi-Fi walaupun cuma mendukung satu SIM card. Itu yang Asha 308 tidak punya,” lanjut Fany.
Dari sisi software, Asha 308 punya keunggulan melalui Nokia Xpress Browser, peramban bawaan yang diklaim mampu melakukan kompresi data sampai 90 persen. Walhasil, pengalaman berinternet menjadi lebih cepat dengan pemakaian data lebih hemat. Sayang, gadget besutan Nokia ini masih belum mendukung jaringan 3G.
“Dengan teknologi konversi data ini, Asha 308 bisa menghemat konsumsi baterai, bahkan bisa stand by hingga 42 hari,” imbuhnya kepada Malang Post.
Dalam paket penjualannya, Asha 308 dilengkapi 40 game gratis dari EA. Di samping itu, ada aplikasi Nokia Maps 2.0, Nokia Nearby untuk mengetahui tempat menarik di sekitar, dan Nokia Life+ untuk mengakses konten edukasi, kesehatan, dan hiburan. Sebut saja ulasan hidup sehat, kuliner, hidup terampil, Islami, love and relationship dan kecantikan. Beberapa diantaranya bahkan dapat diakses dengan biaya cukup murah.
Selain itu, Nokia juga telah menyediakan fitur Social Media Connectivity, yang dapat terhubung dengan salah satu web sosial media ternama, Twitter. Selain penggunaannya yang mudah, adanya fitur ini ternyata memiliki alasan yang cukup kuat. Nokia Asha 308 tersedia dalam tiga pilihan warna, silver, gold, dan hitam.
“Layar anti goresnya juga semakin membuat tampilan Asha 308 menarik,” pungkas Fany. (tom/fia)