Grafis Ciamik, Xbox Kalahkan Nintendo Wii

MALANG – Nintendo memang dikenal sebagai sebagai pelopor konsol yang menggunakan sensor gerak. Namun beberapa bulan terakhir popularitas game bernama Nintendo Wii tersebut justru dikalahkan oleh sang pengekor, Xbox. Konsol besutan Microsoft ini menjadi favorit gamers yang hobi memainkan game dengan sensor gerak.
Owner Power Game Malang Plasa, Andre menyebutkan, gamers Malang lebih menyukai Xbox karena memiliki beragam kelebihan dibandingkan dengan sang pelopor. Salah satunya adalah grafis yang terlihat lebih nyata dibandingkan milik Nintendo. Tampilan ini disebut-sebut hampir menyamai grafis yang dimiliki PS3
“Gambar yang ditampilkan oleh Xbox jauh lebih bagus dan terlihat lebih nyata daripada Nintendo Wii. Saat memainkan game dengan menggunakan Xbox, mereka seakan-akan menyatu dengan permainan tersebut. Hampir sama dengan grafis yang ditampilkan oleh PS3,” beber Andre memuji kelebihan Xbox.
Selain itu, saat memainkan Xbox gamers tak memerlukan alat bantu seperti remote pada Nintendo Wii. Cukup mengaktifkan Xbox Kinect di dekat konsol, gamers tinggal menggerakkan tangan, kaki atau badannya untuk bermain. Cara kerja sensor ini membuat Xbox dapat dimainkan secara berjamaah hingga empat player sekaligus.
“Kalau ingin bermain bersama, player kedua cukup mengangkat tangannya. Secara otomatis langsung masuk dalam permainan. Kalau Nintendo Wii memang bisa dimainkan secara bersamaan. Tapi setiap player harus memegang remote masing-masing untuk mendeteksi sensor geraknya,” sambung pria ramah ini.
Sayangnya, popularitas Xbox ini masih belum menyentuh segmen bawah. Sebab harga yang ditawarkan untuk satu paket Xbox lengkap dengan Kinectnya hampir mencapai angka Rp 5 juta. Satu unit Xbox dengan memori sebesar 4GB dibanderol dengan harga Rp 3,2 juta. Untuk konsol yang dibekali memori 250GB harganya Rp 3,8 juta. Sementara untuk perangkat Kinect-nya ditawarkan dengan harga Rp 1,4 juta.
“Kalau Nintendo Wii cukup dengan Rp 2,2 juta sudah bisa memainkan game dengan sensor gerak tanpa ada tambahan perangkat lagi,” tutupnya. (nda)