Nintendo Wii U Tak Secanggih Xbox 360 dan PS3

Jakarta - Jelang peluncurannya beberapa waktu lalu, Nintendo Wii U diklaim memiliki spesifikasi yang luar biasa. Bahkan bisa mengalahkan Xbox 360 dan PlayStation 3. Tapi ternyata tidak. Nintendo memang tidak pernah secara tegas menyebutkan spesifikasi lengkap Wii U, mereka hanya menegaskan bahwa konsol tersebut punya dapur pacu yang luar biasa.
Tak pelak, hal itu memunculkan berbagai rumor mengenai spesifikasi Nintendo Wii yang (katanya) canggih. Misalnya prosesor quad core 3 GHz, RAM 1 GB, dan GPU ATI Radeon dengan fabrikasi 40 nm.
Tapi kini setelah dipasarkan, beberapa hacker ada yang telah membedah konsol tersebut untuk mengetahui seberapa canggih hardware yang ada di dalamnya, salah satunya adalah Marcan.
Seperti dikutip dari gamingbolt, setelah dibedah diketahui bahwa Nintendo Wii U punya prosesor triple core 1,2 GHz. Jauh dibandingkan PlayStation 3 dan Xbox 360 yang mencapai 3 GHz per core. "Itu adalah Three PowerPC 750, model yang sama dengan Wii Broadway. Hanya saja cache-nya lebih besar," tulis hacker tersebut.
Tapi yang paling menarik adalah Nintendo Wii U ternyata memiliki sistem keamanan yang sama dengan konsol sebelumnya.
Urusan kartu grafis Nintendo Wii U dipersenjatai GPU dengan clock sebesar 550 MHz. Dengan spesifikasi tersebut, konsol ini disinyalir tak akan sanggup memainkan game sekelas Black Ops 2, Mass Effect 3, atau Batman Arkham City. (dtc/nda)