Tantang Ponsel Android Low End

MALANG- Bila beberapa waktu lalu pecinta gadget di Malang harus bersabar menanti kehadiran Nokia Asha 311, kini ponsel elegan tersebut sudah bisa didapatkan di outlet-oultet terdekat. Nokia merilis Asha 311 sebagai handset yang secara khusus diproduksi untuk menggaet pengguna dari kalangan entry level.
Asha 311 dilego dengan harga yang murah, Rp 1,4 jutaan. Relatif terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, meski jauh lebih mahal dibanding seri sebelumnya seperti Asha 305, 306 maupun 308 dan 309. Paling tidak, Asha 311 bisa menjadi alternatif bagi pecinta gadget yang belum kesampaian menebus handset Android. “Asha 311 diciptakan untuk bersaing dengan ponsel Android kelas bawah,” urai Fani Dewi, Front Liner Sentra Ponsel Malang Plaza.
Datang sebagai penantang Android kelas bawah, Nokia Asha memang cukup menggoda. Berbentuk candy bar dengan layar full touch screen serta mudah digunakan. Pengguna tak perlu repot melakukan setting optimasi yang biasanya dilakukan pada Android untuk menghemat baterai dan meningkatkan performa. “Ibaratnya, Asha 311 adalah handset siap pakai. Tinggal masukkan SIM card langsung bisa digunakan,” imbuh Fani.
Dengan lapisan mengkilap atau glossy membuatnya terlihat mewah, sayangnya saat dipegang terasa sangat ringan. Bagian depan ponsel, seluruhnya adalah touchscreen, di bagian bawah terdapat variasi garis perak melingkar. Terdapat tombol fisik panggilan dan menutup panggilan. Di sisi kanan terdapat tombol volume dan kunci, terasa sedikit kaku saat di tekan. Ada tiga port eksternal semua berlokasi di atas seperti Port Charger, Micro USB, dan jack headphone 3.5.
Pengguna harus puas dengan resolusi layar Nokia Asha 311 hanya 240x400 dan kerapatan piksel 155 ppi. Pada resolusi ini pengguna harus memperbesar halaman agar dapat membaca text dengan jelas. Soal respon touchscreen, kinerjanya tidak buruk, tapi terasa lamban. Terdapat lag, mungkin disebabkan karena sistem operasi S40.
Andalan lainnya adalah sebuah chip prosesor 2Ghz, memori 128 MB, 3G network, Wi-Fi, dan radio bluetooth. Termasuk memiliki fitur yang lengkap ketimbang Nokia Asha seri lain. Ada juga sebuah chip GPS sehingga pengguna dapat melihat aplikasi peta pre-loaded dari Nokia. Asha 311 makin terasa komplet karena dipersenjatai kamera 3,2 MP di bagian belakang.
Belum lagi, baterai berkapasitas 1.110 mAh yang disematkan di dalamnya  diperkirakan mampu bertahan selama enam jam penuh waktu bicara dengan 3G, 40 jam untuk memutar musik, dan 744 jam standby. Kesimpulannya, Nokia Asha 311 bisa dikatakan sebagai perangkat S40 yang paling mudah digunakan. Mengusung teknologi lama tapi di balut oleh bodi baru dengan warna cat lebih atraktif. (tom/nda)