Galaxy Camera Siap Jadi Ancaman Canon cs

JAKARTA - Galaxy Camera yang dirilis Samsung memang bukan kamera berbasis Android satu-satunya yang ada di pasar. Namun mengingat 'portofolio' Samsung, perusahaan ini diyakini mampu menggoyang dominasi pemain Jepang di bisnis kamera.
Samsung memang masih menempuh jalan terjal untuk menyaingi produsen semisal Canon dan Nikon, namun perusahaan peneliti NPD Group mengatakan bahwa perusahaan Korea ini bisa menjadi rival yang diperhitungkan di bisnis tersebut.
"Samsung lebih dikenal di arena perangkat elektronik yang terhubung, namun mereka memiliki kesempatan unik untuk mentransfer kekuatan dari kategori tersebut ke bidang kamera," ujar Liz Cutting, senior imaging analyst di NPD Group menyampaikan alasannya.
Samsung, yang masih bertarung melawan kekuatan Apple di kategori mobile gadget, telah menjadi pemimpin pasar di kategori televisi, smartphone dan memory chip. Dan dengan kedatangan kamera tersebut, ada kemungkinan Samsung juga akan memperluas kekuatannya.
"Bisnis kamera kami cepat berkembang dan saya pikir landmark baru akan tercipta untuk Samsung," ujar JK Shin yang membawahi bisnis kamera dan digital imaging Samsung. "Produk ini (Galaxy Camera -red) akan membuka chapter baru dalam komunikasi visual," imbuhnya seperti dikutip dari Chicagotribune, Senin (3/12)
Galaxy Camera memiliki sistem operasi Android 4.1 dan memungkinkan penggunanya mentransfer foto ke piranti lain dengan lebih mudah. Mengakses internet, email dan situs jejaring sosial, termasuk mengedit foto dan memainkan game, bisa dilakukan di sini, layaknya di sebuah smartphone. Kamera ini juga menawarkan keunggulan hardware seperti 21x optical zoom lens dan sensor CMOS 16,3 MP dalam bodi langsingnya. (dtc/nda)