Facebook Messenger Segara Hadir di Indonesia

Facebook telah mengumumkan bahwa obrolan gratis melalui Facebook Messenger di Android bisa dilakukan tanpa akun jejaring sosial tersebut. Kemudahan itu dihadirkan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Dilansir dari The Verge, Rabu (5/12), pemutakhiran Facebook Messenger itu akan tersedia di India, Australia, Indonesia, Venezuela dan Afrika Selatan. Selanjutnya, Facebook akan segera menghadirkannya di negara-negara lain.
Sebelumnya, pengguna Facebook Messenger menggunakan layanan tersebut via akun Facebook. Kini dengan cara baru, pengguna bisa memanfaatkan nomor telefon genggamnya, mirip dengan What's App Messenger.
Layanan tersebut bersama dengan layanan pengiriman pesan sejenis menjadi pesaing bagi SMS. Saat ini, posisi kepemimpinan layanan messenger dipegang oleh What's App Messenger yang baru-baru ini mencapai lebih dari 100 juta unduhan di Google Play.
Selain What's App Messenger dan Facebook Messenger yang baru saja masuk ke ceruk layanan berkirim pesan, layanan pesan tradisional (SMS) masih memiliki pesaing lain seperti iMessage, Kik, BlackBerry Messenger, KakaoTalk, WeChat dan Samsung ChatOn. (oke/nda)