Menanti Kehadiran Nokia Lumia 920

MALANG- Kehadiran Nokia Lumia 920 terus dinantikan pecinta gadget di Malang. Ponsel kelas itu begitu ditunggu-tunggu karena memiliki fitur mumpuni yang tak dimiliki pesaing. Lumia 920 merupakan ponsel bersistem oeprasi Windows 8 pertama yang dirilis Nokia. “Dua hal yang paling menonjol dari Lumia 920 adalah kemampuan kamera dan charging nirkabel,” terang Wawan Setyawan, frontliner Sega Malang Plaza.
Sebelumnya, ponsel ini sempat dikabarkan memiliki kamera beresolusi 41 megapiksel. Tapi kabar burung tersebut terlalu hiperbola. Smartphone berukuran 4.5 inci dengan resolusi 768 x 1280 piksel ini nyatanya dipersenjatai kamera belakang 8 megapiksel dan dilengkapi kamera depan 1.3 megapiksel.
Namun, tetap saja kemampuannya sangat luar biasa meskipun tidak seperti Nokia 808 PureView. Nokia mengklaim gambar yang dihasilkan Lumia 920 bakal tetap tajam. Kamera tersebut mampu mengambil video dengan resolusi 1080p. Maklum saja, keberadaan Windows Phone 8 menyediakan efek instan dan fitur panorama yang menggunakan teknologi aplikasi Photosynth besutan Microsoft.
Aplikasi kamera juga disertai dengan modus burst. Yangmana memungkinkan pengguna mengambil banyak foto tanpa henti dengan cara menahan tombol rana. Setelah banyak mengambil foto, software kameranya dapat memberi rekomendasi foto terbaik.
Selain itu, ada pula Nokia City Lens. Dengan aplikasi ini, jika kamera membidik suatu objek maka bisa memberi informasi lokasi. City Lens menggabungkan teknologi augmented reality (AR) dengan layanan peta digital Nokia Map. Tak ketinggalan aplikasi Smart Shoot yang memungkinkan pengguna mengahapus objek yang dirasa mengganggu hasil foto serta Cinemagraph, dimana pengguna dapat menambah sedikit animasi pada foto.
Nokia Lumia 920 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2000mAh dan NFC. Di sinilah keunggulan smartphone yang kabarnya bakal dilego seharga Rp 6,5 juta ini. Lumia 920 dilengkapi teknologi wireless charging. Dukungan pengisian baterai secara nirkabel yang hadir di Nokia Lumia 920 menggunakan metode induksi. “Untuk melakukan pengisian baterai, pengguna cukup menempelkan Lumia 920 pada sebuah pad,” beber Wawan kepada Malang Post.
Tapi bagi pengguna yang suka mengisi baterai dengan cara tradisional, Nokia tetap melengkapi Lumia 920 dengan port USB yang bisa digunakan untuk pengisian baterai lewat kabel sekaligus sebagai penghubung ponsel dengan komputer.
Untuk dapur pacunya, ponsel WP8 Nokia ini menggunakan prosesor dual core berkecepatan 1.5GHz yang dipadukan dengan sistem operasi windows phone 8 dan GPU Andreno 225. Untuk menunjang prosesor dan OS tersebut, Nokia juga telah membenamkan RAM 1 GB dan memory internal 32 GB. Sayang, walau termasuk ponsel kelas atas tapi smartphone ini tidak didukung slot MicroSD. Jadi terpaksa harus puas dengan memory 32 GB saja. (tom/nda)