Duo Ace Suksesor Samsung Berimbang

MALANG- Sebagai suksesor dari Ace generasi pertama, Samsung Galaxy Ace 2 cukup laris di pasaran. Bahkan ponsel pintar ini jadi salah satu favorit pengguna Android di Indonesia. Alasannya, selain punya desain menarik mirip iPhone 4, spesifikasi dan fiturnya juga mumpuni. Namun, kepopuleran Ace 2 tersaingi keberadaan Galaxy Ace Duos yang dirilis hampir bersamaan.
Di Malang, tingkat daya beli pecinta Android terhadap dua smartphone produksi vendor Korea itu cukup berimbang. Ace 2 dinilai memiliki spek yang lebih canggih, tak heran bila harganya lebih mahal. Tapi Ace Duos juga tak kalah. “Ace Duos secara kemampuan memang mirip Ace generasi pertama. Tapi sudah punya fitur dual SIM card. Harganya juga lebih murah. Mungkin karena itulah, masih bisa bersaing dengan Ace 2,” beber Fitri Hidayah, Front Liner Ethnic Cell Malang Plaza.
Saat ini, Ace 2 dibanderol harga Rp 2,475 juta. Sedangkan Ace Duos dilego lebih murah hampir setengah harga, yaitu berkisar Rp 1,825 juta. Lantas apa perbedaan mendasar yang bisa menjadi acuan untuk membedah kemampuan dua smartphone menawan ini? “Mungkin bisa diulas dari segi desain, fitur dan kamera. Paling tidak, itu untuk menilai kemampuan dasar smartphone Android saat ini,” lanjut Fitri kepada Malang Post.
Untuk desain, bahan yang dibuat membangun bodi kedua handset ini terbuat dari plastik sehingga dalam segi kualitas beradu imbang. Perbedaannya pada desain, tombol home Galaxy Ace 2 berbentuk persegi panjang, sedangkan Galaxy Ace Duos berbentuk kotak. Pada keempat sisinya, Ace 2 lebih bulat ketimbang Ace Duos. Ukurannya pun berbeda Ace 2 lebih besar karena dibekali dengan layar 3,8 inchi sedangkan Ace duos hanya 3,5 inchi.
Kalau membicarakan fitur, jelas Galaxy Ace 2 lebih unggul. Karena pada dasarnya Ace Duos dibuat dengan basis Galaxy Ace pertama tapi prosesor di-upgrade ke versi lebih cepat 832 Mhz dibandingkan Ace pertama yang hanya 800 Mhz. Untuk sistem Android masih sama seperti pendahulunya, yakni menggunakan Touchwiz sedangkan user interface mengalami perbedaan dari Touchwiz 3.0 berubah menjadi TouchWiz UX UI.
Galaxy Ace 2 sudah menggunakan prosesor tipe dual core sehingga kinerja yang dilakukan menjadi lebih cepat. Kemampuan ini juga didukung oleh chipset dari novator dan GPU Mali-400MP sehingga proses membuka dan menjalankan aplikasi jauh lebih cepat ketimbang Galaxy Ace Duos.
Meski mengusung sensor yang sama 5MP, tapi ada perbedaan yang sangat terasa pada dua gadget canggih ini. Galaxy Ace 2 sudah mampu merekam video berkualitas 720p pada 30 fps, sedangkan saudaranya hanya mampu merekam pada kualitas VGA. Selain itu Ace 2 sudah dibekali dengan kamera depan untuk video chat, sementara Ace duos tidak ada. (tom/nda)