XL Apresiasi Sekolah Binaan ‘XLENT’

MALANG- Program dukungan PT XL Axiata Tbk (XL) bagi sekolah, ‘XLENT’, telah memasuki tahun ketiga. Kerjasama tersebut telah mendatangkan manfaat bagi kedua pihak dan tentunya mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Guna lebih mempererat kerjasama, XL sore kemarin secara serentak memberikan penghargaan kepada 145 sekolah binaan 'XLENT' di Indonesia.
Tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua, XL telah bekerjasama dengan lebih dari 5000 sekolah dan kampus melalui program Sekolah Binaan 'XLENT'. “Program dukungan ini bertujuan sebagai apresiasi XL kepada sekolah-sekolah yang selama ini telah secara maksimal memanfaatkan kerjasama dengan XL. Kami berharap, dukungan tambahan ini akan semakin memotivasi pihak sekolah penerima untuk lebih berprestasi,”  ujar Galih D Arthaka, XL Area Manager Youth & Community East Java 2.
Di Jawa Timur sendiri, ada 10 sekolah penerima penghargaan. Tiga di antaranya berasal dari Malang, yaitu SDN Kauman 2, SMPN 24 dan SMKN 5. Perwakilan dari ketiga sekolah tersebut kemarin hadir langsung dalam prosesi penyerahan penghargaan dan beasiswa yang berlangsung di Va Benne Resto, Jalan Raya Langsep.
Galih mewakili pihak XL menyerahkan langsung plakat penghargaan dan beasiswa secara simbolis kepada guru dan sejumlah murid perwakilan sekolah masing-masing. “Kami akan berupaya terus menjaga komitmen yang sudah terjalin dengan sekolah-sekolah. Karena mereka telah mempercayai XL sebagai produk dalam kebutuhan berkomunikasi. Ke depan, XL akan terus melanjutkan program dan menyeleraskannya dengan berbagai inovasi,” beber Galih kepada Malang Post.
Tiga sekolah ini terpilih mendapat penghargaan karena mencatatkan prosentasi tertinggi dalam penggunaan XL di sekolah. Dibandingkan 57 sekolah lain yang menjalankan program serupa, tercatat hampir 50 persen siswa SDN Kauman 2, SMPN 24 dan SMKN 5 Malang menjadi pelanggan XL. “Terima kasih kami ucapkan kepada XL yang telah mengapresiasi komunitas pengguna XL di sekolah. Tentunya kami berharap peran serta XL terus mengiringi dunia pendidikan yang semakin melek teknologi,” seru Budi Purwanto, guru SMKN 5 Malang mewakili pihak penerima penghargaan dan beasiswa.
Saat ini, program kerjasama XL dengan sekolah dan kampus 'XLENT' diwujudkan dalam bentuk donasi solusi teknologi informasi SIFOSTER (Sistem Informasi Terpadu), Wi-Fi dan tarif komunitas yang diberikan kepada siswa, guru dan murid. Setidaknya sekitar 1600 sekolah telah mendapatkan SIFOSTER dan sekitar 300 sekolah mendapat Wi-Fi gratis. Melalui SIFOSTER, komunitas di masing-masing sekolah dan kampus dapat mengirimkan informasi nilai siswa, absensi siswa dan ujian paperless.
Untuk dapat menerima penghargaan, sekolah binaan harus menerima beberapa syarat, antara lain telah memiliki perjanjian kerjasama dengan XL, penggunaan teknologi komunikasi untuk pendidikan yang didukung oleh XL secara aktif, serta komitmen penuh dari guru dan wali murid untuk mendukung penerapan teknologi tepat guna bagi pendidikan.
Program apresiasi ini berlangsung setiap enam bulan sekali. Penghargaan diberikan dalam bentuk dan fasilitas sekolah yang diperlukan, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah penerima. Bentuk fasilitas ini beragam, mulai dari beasiswa, perbaikan sarana olahraga, hingga komputer. (tom/nda)