Lebih Tipis, Dibekali Bluetooth

MALANG- Selain memperkenalkan iPhone 5 dan iPod Touch, Apple juga menghadirkan iPod Nano terbaru yang sudah memasuki generasi ke-7. Penyegaran dilakukan dengan design dan kemampuan baru yang lebih menarik. Gadget mungil nan elegan ini menggunakan layar multitouch selebar 2.5 inchi dengan ketebalan yang disusutkan 40 persen dari generasi pendahulunya, hanya 5,4 mm.
Tak hanya musik, file video-pun bisa diputar di iPod Nano dengan layar widescreennya. iPod nano tidak dibekali kemampuan untuk berselancar di dunia maya, namun dilengkapi dengan bluetooth. Baterainya mampu bertahan hingga 30 jam jika digunakan untuk memutar musik. “Tampil lebih tipis, colorfull, memiliki Bluetooth 4.0 serta banyak fitur baru lainnya, gadget legendaris seri terbaru ini dipasarkan seharga Rp 2,1 juta,” ungkap Eko Santoso, Marketing Apple Authorised Reseller di Mall Olympic Garden (MOG).
Dimensi iPod Nano 7th Generation lebih tipis dari sebelumnya, namun lebih tinggi sekaligus lebih lebar dengan bobot hanya 31 gram. Material bodu terbuat dari alumunium anodized. Penampilannya minimalis, elegan sekaligus ceria. “Sekilas mirip penampilan iPhone yang diciutkan. Good finishing khas Apple menguatkan kesan produk ini sangat berkelas,” imbuh Eko.
Tepat di bawah layar terdapat tombol home. Di sisi kiri terdapat tombol adjust volume. Bagian kiri bawah terdapat port untuk headset versi terbaru dari Apple seperti yang digunakan pada iPhone 5 dan iPod Touch terbaru yakni lightning connector.
iPod 7th Generation dibekali layar 2.5 inci. Sekalipun mungil layar ini merupakan layar yang mendukung multi touch serta telah memiliki rasio 16:9. Namun layarnya belum memiliki kerapatan yang tinggi. Sudut yang nyaman untuk menyaksikan layar mungil ini pun masih cenderung sempit. Jika terlalu miring kita akan menemui kesulitan menyaksikan layarnya.
Pada layar mungil ini kita bisa melihat koleksi foto kita dengan mudah. Layarnya telah dilengkapi acelorometer, sehingga mampu melakukan auto rotate. Pengguna juga bisa melakukan pinch-zooming pada layar seutuhnya.
Interface dan menu antar muka pada iPod Nano 7th Generation tidak mengalami banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Terdapat sembilan icon menu yang tersebar dalam dua halaman. Pengguna bebas mempersonalisasi icon-icon ini sesuai dengan kebutuhan.
Fitur Nike+ tetap hadir dalam gadget ini, tentunya dalam versi yang telah disempurnakan. Fitur ini siap mendampingi pengguna yang hobi berolahraga. Dengan bluetooth bahkan pengguna bisa memonitor detak jantung secara wireless. “Ada juga fitur voice memo yang memungkinkan pengguna merekam suara untuk mengingatkan hal-hal kecil namun penting,” lanjut Eko kepada Malang Post.
Kualitas suara masih sama dengan iPod Nano generasi sebelumnya. Menggunakan beberapa headset berbeda tetap menunjukkan kualitas suara yang sama. Jadi dalam hal ini sepertinya Apple akan terus mempertahankannya. (tom/nda)