Serupa Tapi Tak Sama

MALANG- Berminat membeli Sony Xperia S? Tunggu dulu, karena kini Sony mengeluarkan kembaran dari ponsel seharga Rp 4,7 jutaan tersebut. Dibanderol dengan harga selisih 400 ribuan, Xperia SL diyakini bakal menyedot perhatian pecinta gadget.
Smartphone yang satu ini diklaim memiliki beberapa peningkatan dari Xperia S, mulai dari kenaikan clock prosesor, sistem operasi Android dan tambahan pilihan warna. “Xperia SL makin menggoda karena dengan berbagai peningkatan fitur, namun harganya lebih murah, yaitu Rp 4,27 juta,” terang Promotor Sony Malang, Sindy Meyrilda.
Xperia SL masih berada di keluarga NXT, dan karena ponsel ini merupakan versi upgrade dari Xperia S, bisa dikatakan 100 persen desain dan bahan material yang diusungnya persis dengan Xperia S, tidak terdapat perubahan sama sekali. Desain dan bobot masih sama 128x64x10,6 mm dan 144 gram. Terbilang jumbo dengan ukuran layar 4.3 inci. Bagian muka terdapat sensor cahaya dan proximity, LED notifikasi, earpiece dan kamera sekunder, kemudian layar 4.3-inci, dan tiga tombol fungsi Android berjenis kapasitif.
Bagian belakang dapat dibuka namun hanya untuk menempatkan sim card saja, baterai tertanam di dalam bodi. Terdapat kamera utama LED flash, speaker dan microphone. Yang terlihat sedikit berbeda dengan Xperia S disini mungkin kehadiran stiker logo NFC. “Secara overall nyaris sama persis. Jadi boleh dibilang serupa tapi tak sama. Perbedaan mendasar pada bagian prosesornya,” bebernya kepada Malang Post.
Xperia SL sudah menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS, sehingga tampilan antar mukanya persis seperti milik Xperia Acro S. Halaman lock screen, homescreen, jendela notifikasi dan drawer aplikasi tampil serupa dengan pilihan tujuh tema mewakili warna tertentu yang dapat dipilih. Mode overview juga masih hadir dengan menampilkan kumpulan widget-widget yang dipasang di kelima halaman homescreen.
Kedua menu ini juga tampil ala ICS Android Sony, tidak ada perubahan. Masih terdapat empat tab submenu di bagian atas (contacts, phone, favorites, groups), kemudian kehadiran bar abjad di sisi kanan untuk mempercepat pencarian entri contact. Panggilan video juga dapat dilakukan di Xperia SL karena sudah terdapat kamera sekunder beresolusi 1.3 MP.
Sama-sama memiliki kamera beresolusi 12 MP (4000 x 3000 piksel) dengan Xperia S dan Acro S, Xperia SL menawarkan pengalaman pengambilan gambar dan perekaman video HD. Layaknya ponsel Sony lain, terdapat banyak fitur di menu kameranya.
Karena sama dengan versi Android milik Acro S, maka Xperia SL juga memiliki pemutar musik Walkman. Dengan pemutar musik ini lengkaplah hiburan untuk urusan musik, karena pemutar musik ini memiliki antarmuka yang menarik dan pastinya performa yang sudah dapat diandalkan. Fitur-fitur yang ada juga terbilang lengkap seperti SensMe, visualizer, equalizer dengan clear bass, dan lainnya.
Maka, tak salah bila disimpulkan Xperia SL memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh ponsel Xperia S, dengan selisih harga yang lumayan. Sepertinya tidak ada upgrade yang signifikan baik dari sisi hardware maupun software. Hanya tambahan pilihan warna dan sistem operasi Android ICS out of the box. (tom/nda)