iPhone 5 Tiba 14 Desember

MALANG - Ponsel pintar besutan Apple teranyar,  iPhone 5 memang sudah gentayangan di tanah air. Namun keberadaannya saat ini masih berupa produk black market (BM). Jika ingin merasakan kecanggihan iPhone 5 dari ’jalan yang benar’, maka Anda tak perlu menunggu lama lagi. Pasalnya, gadget canggih ini bakal diedarkan secara resmi di tanah air pada pertengahan bulan Desember ini.
Sales Apple Global Teleshop MOG, Jeffry Gigih mengatakan, iPhone 5 dikabarkan bakal meluncur resmi di Indonesia pada tanggal 14 Desember mendatang. Saat ini, pre-order gadget yang dibekali dengan layar retina itu sudah dibuka oleh beberapa operator telepon seluler.
”Untuk harga, iPhone 5 dibanderol mulai dari Rp 8 jutaan. Pre-order sendiri dilakukan dengan memberikan DP sebesar 20 persen,” ujar Jeffry pada Malang Post, kemarin.
iPhone 5 sendiri sudah diperkenalkan pada dunia pada awal September lalu. Namun saat itu belum menyentuh Indonesia. Kebanyakan pecinta Apple di tanah air mendapatkan iPhone 5 dari toko-toko di Singapura dan Hongkong yang mendapat jatah penjualan lebih awal dari Apple.
Menurut Jeffry, iPhone 5 layak dinantikan karena memiliki banyak kelebihan. Dari segi dimensi iPhone 5 18 persen lebih tipis, jika dibandingkan dengan iPhone 4S. Ketebalan iPhone 5 hanya 0,3 inci (7,6mm). Sedangkan iPhone 4S memiliki ketebalan 0,37 inci. iPhone 5 juga lebih ringan dibandingkan iPhone 4S, yaitu sekitar 112gram. Tubuhnya diselimuti oleh materi kaca dan aluminium.  iPhone 5 mempunyai resolusi layar 1136 x 640 pixel dengan kerapatan pixel 326 pixel per inci (ppi). Saturasi warnanya terlihat lebih baik karena menggunakan sistem rendering sRGB penuh.
Sebagai dapur pacunya, iPhone 5 dipersenjatai system on chip (SoC) A6. Apple mengklaim kalau prosesor A6 memberi performa grafis dan kecepatan lebih cepat dua kali dibandingkan prosesor A5 yang ada di iPhone 4S.
Tak hanya itu kelebihannya. Ponsel pintar ini memiliki kamera yang lebih kecil, tetapi dapat menangkap gambar 40 persen lebih cepat dibanding iPhone 4S.  Apple juga memperbarui perangkat lunak pada kamera iPhone 5. Ada modus baru panorama yang memungkinkan pengguna untuk mengambil pemandangan luas.
”Apple sudah tidak menggunakan konektor dock dengan 30 pin untuk iPhone generasi ke-6. Apple lebih memilih menggunakan konektor baru dengan jumlah pin yang lebih sedikit, yaitu sembilan buah. Apple menyebut konektor ini sebagai Lightning.  Meski demikian, Apple menyediakan adaptor penghubung dari dock konektor 8 pin ke 30 pin agar aksesori lama masih bisa digunakan,” sambungnya.
Gadged keren ini menggunakan nano SIM card yang berukuran lebih mini dibandingkan microSIM.  Beberapa operator besar di tanah air sudah menyediakan nano SIM card untuk menunjang kebutuhan tersebut. (nda)