Galaxy Tab 2 7.0 Paling Diburu

MALANG- Meski Samsung telah merilis sejumlah varian Galaxy Tab 2 dengan ukuran layar yang lebih melegakan, sebut saja Tab 2 7.7 inch, 8.9 inch dan 10.1 inch, namun gengsi Tab 2 7.0 inch masih cukup tinggi. Di Malang, tablet yang menjalankan jaringan GSM dan HSDPA ini banyak diminati. Apa yang membuatnya layak diburu?
Samsung Galaxy Tab 2 7.0 diperkuat dengan PLS LCD capacitive touchscreen berukuran 7 inci dan memiliki resolusi 600x1024 piksel. Selain cukup lebar untuk digunakan, layarnya juga bakal terlihat lebih jernih. Tak hanya itu, didalam layar touchscreen itu juga bakal dilengkapi TouchWiz UX UI. Dimensi layar tersebut juga pernah digunakan oleh Samsung pada Galaxy Tab 7.0 plus.
Berbeda dengan komputer tablet pada umumnya yang menjalankan Andorid Honeycomb, Galaxy Tab 2 7.0 justru menggunakan Android OS versi 4.0 Ice Cream Sandwich. “Tentunya dengan versi Android yang lebih baru, pengguna bakal menemukan berbagai aplikasi dan fitur terbaru yang mungkin tidak ada pada versi terdahulunya,” beber Muthia Fatma, promotor Samsung Malang.
Selain menjalankan Android Ice Cream Sandwich, Galaxy Tab 2 7.0 juga menyematkan prosesor Dual-Core berkecepatan 1 GHz dan RAM 1GB yang mendukung multitasking. Sebuah prosesor yang dapat diandalkan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membuka beberapa aplikasi secara bersamaan namun performanya masih tetap terjaga.
Gadget seharga Rp 3,25 jutaan ini dibekali dua kamera. Kamera utama berkekuatan 3.15 megapiksel dengan fitur geo-tagging dan smile detection, juga mampu merekam video dengan kualitas HD. Sedangkan kamera sekundernya hanya sekelas VGA yang dapat digunakan untuk video chatting.
Berbagai sarana hiburan telah dipersiapkan Samsung untuk menghibur para pengguna Tab 2 7.0. Diantaranya audio player (MP3/WAV/eAAC+/WMA/AC3/Flac player), video player (MP4/DivX/Xvid/H.264/H.263/WMV player), game, java dan TV out. “Untuk urusan hiburan, tablet ini terbilang komplet,” lanjut Muthia.
Ada tiga varian memori internal yang dapat dipilih. Masing-masing berkapasitas 8 GB, 16 GB dan 32 GB. Selain memori internal, Samsung juga menambahkan memori eksternal untuk memperluas ruang penyimpanan. “Tak tanggung-tanggung, kapasitas microSD yang disematkannya mampu menampung data hingga 64 GB,” imbuhnya kepada Malang Post.
Pada sektor nirkabel, ponsel dengan dimensi 193.7 x 122.4 x 10.5 mm dan berat 344 gram ini memiliki jalur internet 3G dengan HSDPA berkecepatan 21 Mbps dan HSUPA berkecepatan 5.76 Mbps. Disamping jalur internet tersebut, Samsung juga menambahkan jalur WiFi untuk mengakomodasi penggunanya disaat mendapatkan jaringan seluler yang tidak memadai. Tak hanya itu Bluetooth v3.0, microUSB v2.0 dan USB On-the-go support juga dihadirkan guna melengkapi sektor konektivitas. (tom/nda)