Hemat Energi, Baterai Tahan Lama

MALANG- Toshiba tak henti menelurkan inovasi terbaru di bidang teknologi. Salah satunya ditampilkan melalui netbook seri NB520. Model ini mengusung Atom seri baru N2800 (Cedar Trail) yang lebih hemat energi dengan TDP hanya 6,5 watt. Melalui solusi baru ini, netbook diharapkan bekerja lebih baik dengan daya tahan baterai lebih lama.
Jajaran Atom inti ganda Cedar Trail memang merupakan perbaikan dari jajaran Pineview dual-core (Atom N550/570). Proses produksinya pun sudah menjadi 32 nm. Clock speed grafis internal juga meningkat menjadi 640 MHz (dari sebelumnya hanya 200 MHz). RAM-nya pun kini bisa di-upgrade sampai 4 GB.  
Sebetulnya, Toshiba memunculkan kembali seri netbook Atomnya ini via NB510-1001 dan NB520-1069. Sebenarnya kedua model ini mengusung spesifikasi serupa. Namun pada NB520 sudah disediakan sistem Windows 7 Starter. NB520 juga tersedia dalam pilihan warna lebih banyak dibandingkan NB510. “Walaupun cukup canggih, tapi sasarannya entry level. Tak heran bila harganya hanya berkisar Rp 3,2 juta,” ujar Esa Nur Amin, Marketing Eastech Toshiba Dieng Plaza.
Tampil dengan polesan warna-warni yang cantik seperti coklat, biru, orange, dan hijau, produk ini menggunakan model chic yang menarik. Netbook ini juga mengusung feature unggulan berupa sistem tata suara Dolby Advanced Audio. Sistem ini dikombinasikan dengan speaker Harman Kardon. “Suara yang dihadirkan kedua speaker di bagian palmrest ini memang cukup bertenaga tanpa mengesampingkan kejernihannya,” tukas Esa.  
NB510/520 juga memiliki port USB agar bisa mengisi ulang gadget dalam kondisi tidur (Sleep-and-Charge). Walaupun sistem ini sebenarnya sudah banyak dianut berbagai produsen. Yang menarik adalah, netbook ternyata juga tetap bisa mengalunkan musik meskipun berada dalam kondisi tidak aktif (Sleep-and-Music). Di sini netbook akan berfungsi sebagai speaker saja saat dikoneksikan ke player via jack 3,5 mm di bagian mic-in. Kontrol audio sepenuhnya berada di player tersebut.
Dalam menjalankan komputasi harian yang tidak kompleks, NB520 terbilang cukup memadai. Tipe ini lebih baik dari generasi Atom sebelumnya. Agaknya Toshiba memang memfokuskan netbook mereka ini untuk segmen entry level yang mendambakan netbook murah dengan teknologi terkini. (tom/nda)