Game Sepakbola yang Bikin Kecanduan

Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia. Tidak mengherankan jika video game bertema olahraga yang satu ini bertebaran dan menuai banyak peminat.
Dari banyaknya video game bola tersebut, beberapa sukses bikin ketagihan. Para pemain pun betah memainkannya berlama-lama. Berikut adalah  video game sepakbola yang dinilai hampir pasti bikin kecanduan, seperti dihimpun dari berbagai sumber. Sepakat atau punya pendapat sendiri?
1.    Mario Strikers Charged
Game untuk konsol Wii ini adalah sekuel dari game Super Mario Strikes di Nintendo Gamecube. Dalam game yang fun ini, Mario Bros bermain bola dengan timnya melawan karakter musuh.
Di samping karater yang legendaris, Mario Strikers Charged memang menyajikan gameplay menarik. Misalnya, karakter dapat memperagakan tendangan dahsyat.
Tendangan yang paling hebat dinamakan sebagai Mega Strike. Game ini mendapat review postif dari berbagai kritikus, dengan skor 79 persen di Metacritic.
2.    Championship Manager 4
Championship Manager 4 membuat pemain bisa bertindak layaknya pelatih sepakbola sesungguhnya. Pada masanya, game ini termasuk yang paling diminati gamer.

Pemain bisa melihat jalannya pertandingan dengan grafis dua dimensi. Cukup menegangkan layaknya menyaksikan pertandingan di dunia nyata.

Fitur-fitur permainannya pun sangat lengkap untuk mengendalikan klub favorit yang sudah dipilih. Para penggila bola boleh jadi banyak yang terhinggap adiksi pada game ini.
3.    Football Manager 2010
Mencoba menjadi pelatih sepakbola di game ini memang sangat bikin kecanduan. Cukup sering terdengar kasus mahasiswa sampai drop out gara-gara keasyikan main Football Manager. Seri Football Manager 10 ini yang dirilis tahun 2009 adalah salah satu versi terbaiknya. Perkembangan fiturnya signifikan.
Di FM 2010, grafisnya tampak jauh lebih baik dari sebelumnya. Pilihan tim pun sangat beragam, dari sekitar 100 tim internasional. Pastinya, game ini bakal bikin ketagihan.
4.    2010 FIFA World Cup South Africa
Kejuaraan akbar sepakbola Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan sudah dua tahun berlalu. Namun gaungnya masih bisa dirasakan melalui game FIFA World Cup South Africa ini. Dibesut oleh EA Sports, game ini menyertakan tim 199 negara di seluruh dunia. Atau pemain langsung bisa memainkan turnamen dengan 32 negara peserta.
Yang membuatnya dipuji tinggi adalah kualitas grafis setara dengan FIFA 2010. Para pemain juga bisa memainkannya secara online.
5.    Internation Superstar Soccer Pro 98
Game buatan Konami yang satu ini memang sudah jadul, keluar pada tahun 1998 untuk konsol PlayStation awal. Namun ia tetap dikenang sebagai salah satu game klasik dan terbaik pada masanya.
Versi Jepangnya dan yang mungkin lebih familiar namanya di Tanah Air adalah Winning Eleven 3: Final version. Ya, versi Winning Eleven memang cukup menancap di kalangan penggila game Tanah Air.
Di game ini, penggemar sudah bisa merasakan suasana sepakbola yang sebenarnya. Ingin langsung main? Pilih saja Exhibition Mode dan pilih tim favorit untuk bertanding.
6.    FIFA Soccer 2009
Game ini disebut-sebut sebagai salah satu game sepakbola terbaik dari Electronics Arts. Grafisnya lumayan memukau pada masanya dan kontrol permainannya pun menyenangkan. Karakteristik bodi pemain digarap dengan sangat serius. Kiper pun mampu bereaksi dan menempatkan posisi dengan lebih baik.
FIFA Soccer 09 menyertakan 500 tim dan 30 liga serta 41 tim nasional yang bisa dimainkan. Tagline dari game ini adalah Lets FIFA 2009.
7.    Pro Evolution Soccer 2011
Pro Evolution Soccer termasuk seri game sepakbola paling favorit di seluruh dunia. Salah satu seri terbaiknya adalah PES 2011. Banyak fitur-fitur baru dibenamkan dalam seri ini. Seperti power bar di setiap pemain untuk menentukan kecepatan dan arah tendangan serta umpan.

Artificial Inteligence para pemain pun semakin mantap. Dapat dipastikan penggila bola bakal puas memainkan game yang satu ini.
8.    FIFA Soccer 2012
Sulit menentukan mana yang lebih baik antara FIFA Soccer atau Pro Evolution Soccer. Masalah kebiasaan gamer dan faktor subyektivitas berperan besar untuk menentukannya. Yang jelas, FIFA Soccer 2012 adalah seri yang hebat.Seri kesembilan belas ini membawa beberapa peningkatan fitur. Dibagi dalam tiga bagian yaitu Impact Engine, Tactical Defending dan Precision Dribbling.
Fitur Precision Dribbling memungkinkan pemain mengendalikan karakter dengan lebih baik. Dan Tactical Defending membuat cara bertahan lebih menyenangkan. (dtc/nda)