2013, Kominfo Siapkan Layanan WiFi Gratis

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan pembangunan “Wireless Fidelity” (WiFi) gratis di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia, pada 2013 mendatang.
“Tahun 2013 kita sedang mempersiapkan program layanan WiFi gratis di seluruh kabupaten di Indonesia, sebanyak kurang lebih 745 kabupaten,” kata Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Syukri Batubara.
Program ini, kata Syukri, dalam rangka mewujudkan Kewajiban Pelayanan Umum (KPU), dengan harapan masyarakat tidak lagi mengalami kendala dalam mendapatkan intenet gratis dengan kecepatan yang lebih baik.
Wilayah mana saja yang menjadi target utama pemasangan, Kominfo akan melakukan pemetaan dan survei terlebih dahulu. Pastinya untuk pelaksanaan paling cepat tahun 2013 nanti. Adapun  WiFi yang akan dibangun menggunakan kecepatan 2 megabyte, gratis selama 24 jam.
Selain WiFi, Kominfo juga sedang menggalakkan program “Desa Informasi” di sejumlah titik, yang sudah berjalan sejak 2009 dan Kemenkominfo menargetkan pada 2015, seluruh desa di Indonesia bisa mencicipi akses internet.
Target tersebut semakin didukung dengan bertambahnya jumlah Desa Informasi. Saat ini, telah ada 206 Desa Informasi dan jumlahnya akan terus ditambah mencapai 500 Desa Informasi hingga 2014.
“Sampai tahun 2014 kita akan bangun 500 desa Informasi. Jadi saat tahun 2015, seluruh desa harus sudah dimasuki internet. Nah, itu sejalan dengan yang ada sekarang,” kata Syukri.
Sedangkan untuk tahun 2012, kata Syukri, 120 Desa Informasi baru akan diresmikan di lima wilayah Indonesia yang berbatasan dengan negara tetangga.  Kelima wilayah tersebut ialah Kabupaten Belu (Nusa Tenggara Timur), Kabupaten Boven Digoel (Papua), Kabupaten Raja Ampat (Papua Barat), Kabupaten Nunukan (Kalimantan Timur), dan Kabupaten Lhoksumawe (NAD).
Selama empat tahun pertama, biaya perawatan Desa Informasi akan ditanggung oleh pemerintah. Namun, kedepannya diharapkan juga akan ada kontribusi biaya perawatan dari Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten. (oke/nda)