Perangkat Mobile Paling Doyan Video Streaming

JAKARTA - Trafik layanan data (internet) dari perangkat mobile meningkat dua kali lipat antara kuartal 3 tahun 2011 dan kuartal 3 tahun 2012, menurut laporan Ericsson. Video streaming menyumbang volume trafik terbesar untuk penggunaan data mobile.
Dalam laporan Ericsson Mobility Report pada kuartal 3 tahun 2012, tercatat bahwa video streaming mendominasi trafik data secara global dari ponsel pintar sebesar 25%, sedangkan tablet sebesar 40 persen.
"Konsumsi konten akan meningkat, tren di Indonesia mirip dengan tren global," kata Hardyana Syintawati, Vice President Marketing and Communications Ericsson Indonesia, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (11/12/2012). Ia memprediksi penggunaan video streaming di Indonesia akan meningkat karena makin banyak pengguna yang menonton video di YouTube. Apalagi, toko multimedia online iTunes telah dibuka untuk Indonesia.
Setelah video streaming, sumbangsih terbesar kedua terhadap volume trafik data ditempati oleh kegiatan berselancar situs web, dan peringkat tiga diisi aktivitas mengunduh ataupun meng-update perangkat lunak.
Secara keseluruhan, penetrasi seluler secara global mencapai 91 persen di kuartal ketiga 2012, dan total jumlah pelanggan seluler saat ini sekitar 6,4 miliar. Indonesia, menurut Ericsson, diprediksi menyumbang sekitar 7 juta pelanggan seluler selama kuartal 3 tahun 2012.
Pelanggan seluler mengalami pertumbuhan antara 9 persen dari tahun-ke-tahun, dan sekitar 2 persen dari kuartal-ke-kuartal.
Ericsson berharap pelanggan seluler secara global bisa mencapai 6.6 milyar pada akhir 2012 dan 9.3 milyar pada akhir 2018. Data tersebut tidak termasuk pelanggan M2M (machine-to-machine).(jpnn/eno)