Telepon Pakai BBM Yuk !

MALANG - Seiring diluncurkannya generasi terbaru BlackBerry Messenger (BBM) versi 7, para pengguna smartphone besutan Research In Motion (RIM) pun kini sudah bisa menikmati fitur unggulan seperti BBM voice ini secara cuma-cuma. Selama beberapa hari terakhir, fitur panggilan gratis antar sesama pengguna BB ini pun laris diunduh.
Caranya, bisa dengan membuka situs www.blackberry.com/beta kemudian download file. Setelah proses registrasi, barulah versi canggih ini bisa digunakan. “Proses pengunduhan gratis dan cukup memanfaatkan internet service,” terang Iven Agatha, promotor BlackBerry Malang.
Tentu saja, yang bisa dihubungi dengan aplikasi gratis ini adalah kontak yang juga memiliki fitur serupa. Nantinya aplikasi BBM akan memberikan indikator untuk menunjukkan kontak BBM mana saja yang tersedia untuk menerima panggilan.
Sayangnya, penggunaan BBM voice disyaratkan harus melalui jaringan WiFi untuk dapat terhubung dengan teman-teman di kontak BBM. Selanjutnya, pengguna bisa mengatur status BBM Voice apakah sedang offline atau online. “Tampaknya, inilah yang masih menjadi nilai minus BBM 7 karena baru bisa dioptimalkan pada tempat ber-hot spot,” imbuh gadis 20 tahun ini kepada Malang Post.
Meski nantinya bisa saling berkomunikasi langsung seperti telepon pada umumnya, pengguna masih dapat berpindah dari percakapan teks ke panggilan suara. Bahkan pengguna dapat membagi layar untuk mengirim pesan sambil melakukan panggilan.
Hanya saja, seperti telah diulas bahwa BBM 7 dengan BBM Voice ini masih dalam tahap beta sehingga hanya tersedia untuk perangkat dengan OS 6.0 ke atas. “Minimal BB Curve 9320 (Armstrong) yang sudah bisa. Karena BBM 7 belum bisa dipakai smartphone OS 5,” timpal Iven.
Yang mengasyikan adalah BBM 7 terintegrasi dengan BlackBerry ID, dengan begitu pengguna tidak perlu takut lagi kehilangan kontak saat berganti ponsel BlackBerry, cukup log-in dengan BlackBerry ID maka semua kontak akan ter-restore di BBM 7.
Selain fitur BBM Voice yang diboyong dalam BBM versi 7 ini, RIM juga menambahkan varian dari emoticon chat. Terdapat 16 emoticon baru yang bisa digunakan untuk memeriahkan serunya chating dengan BBM. (tom/eno)