Bermain Sepakbola yang Sesungguhnya dengan PES 2013

MALANG- Pasca dirilis beberapa waktu lalu, game anyar besutan Konami, PES 2013 langsung menjadi buruan gamers pecinta sepakbola. Dengan mengusung megabintang Cristiano Ronaldo sebagai ‘aktor’ utama di game ini, Konami melakukan banyak perubahan serta menambah beberapa fitur yang tidak akan didapatkan pada game bola lainnya.
Salah satu yang menonjol adalah bagian audio, yang makin disempurnakan karena mengambil efek dari pertandingan asli sehingga membuat PES 2013 terasa kian nyata. Selain untuk PS3, game ini juga diluncurkan untuk beberapa platform. Diantaranya PSP, PS2, Xbox 360, PC, Wii, 3DS dan NDS. “Tapi memang saat ini pengguna PS3 yang lebih banyak mencari PES 2013,” beber Narendra Putra, Frontliner Master Game Malang Plaza.
Seperti pada seri-seri sebelumnya, nampaknya PES selalu berhasil menghadirkan pengalaman bermain sepakbola secara nyata. Dengan kentalnya atmosfer khas turnamen dan meriahnya pembawaan komentator yang membawa semangat tersendiri dalam pertandingan. Untuk visual karakter pemainnya memang masih kaku dan terlihat kasar, namun di PES 2013 hal tersebut sudah diminamalisir denan adanya player ID yang membuat pergerakan pemain kian nyata.
Hanya saja, untuk memiliki software game ini, gamers harus menebusnya seharga Rp 495 ribu. Tidak murah memang, tapi kualitas software asli tentu tak akan mengecewakan. “Untuk memainkannya di PS3, konsol harus di-upgrade dulu ke versi terbaru. Setelah itu bisa diisi PES 2013 dan langsung dimainkan,” lanjut pria yang akrab dipanggil Rendra ini.
Bagi pecinta game PES sejati, hal itu jelas sebanding dengan pengalaman yang bakal didapatkan saat memainkannya. Karena Konami telah membenamkan sejumlah fitur baru dalam PES 2013, seperti fitur full control. Fitur ini menawarkan pengendalian bola secara penuh serta leluasa. Misalkan saja, saat menerima bola dengan halus atau kasar sampai menerima bola dengan cepat.
Full control ini juga termasuk dalam hal mengoper bola. Fitur ini terbagi menjadi Player Individuality dan Individuality to Goalkeepers. Selain itu, ada juga ProActive AI yang bisa didapatkan melalui Game Plan. Jadi, sebelum bertanding gamers bisa mengatur respon para pemain seperti Balance of Play, Tactical Precision dan Enchanced Goalkeepers. (tom/nda)