Masih Andalkan Windows Phone 7.5

MALANG- Ponsel Windows Phone keluaran Nokia, Lumia 510 akhirnya resmi dipasarkan. Dengan banderol Rp 1,8 juta, Lumia 510 menjadi ponsel Nokia seri Lumia termurah. Sebagai perbandingan, Lumia termurah sebelumnya adalah Lumia 610 yang dilego dengan harg Rp 2,3 jutaan.
“Lumia 510 menjadi daya tarik tersendiri. Harganya paling murah dibanding seri Lumia lainnya,” tutur Martha Buaing Tyas Putri Kristiani, Marketing Oke Shop Mall Olympic Garden (MOG).
Menurut dara yang akrab dipanggil Rista ini, selain harga yang terjangkau, nilai jual utama Lumia 510 adalah desainnya yang keren, tampil penuh gaya dengan layar besar. “Layarnya yang 4 inci lebih besar daripada ponsel dengan harga sekelas, misalkan saja Samsung Galaxy Ace,” terangnya kepada Malang Post.
Lumia 510 tampil dengan pilihan warna cerah yang menggoda. Selain hitam dan putih, ada juga warna biru, kuning dan merah. Secara tampilan, layar start screen-nya sama dengan ponsel berotakkan Windows Phone 8. “Sistem operasinya Windows Phone 7.5 dengan kemampuan yang lebih ditingkatkan. Juga bisa di-upgrade ke Windows Phone 7.8,” imbuh Rista.
Ponsel pintar ini berjalan pada jaringan GSM/EDGE Qual Band: 850/900/1800/1900 MHz WCDMA Dual Band: 900/2100 or 850/1900 MHz. Motornya adalah prosesor 800 Mhz singlecore dengan ditunjang Snapdragon S1. Lumia 510 memiliki RAM 256 MB dengan kapasitas memori 4 GB eMMC storage dan 7 GB SkyDrive.
Kelebihan lain Lumia 510 adalah cepat dan mudah digunakan. Akses jejaring sosial pada Windows Phone diklaim lebih mudah dan cepat dari Android. Serta lebih aktraktif dan menyenangkan dari BlackBerry. Layar utama pada Windows Phone (Start Screen) dapat di scroll untuk melihat aplikasi. Berbeda dari ponsel Android uang memiliki banyak layar utama dengan sistem struktur folder yang rumit.
Di Lumia 510, pengguna dapat menambahkan fitur kamera dengan cara mendownload aplikasi Camera Extras dari Market Place. BlackBerry dan Android tidak dapat menambahkan fitur kamera tersebut.
Secara overall, Nokia Lumia 510 dapat digolongkan sebagai ponsel pintar dengan banyak fitur cerdas namun berharga terjangkau. Tampilan Windows UI sangat intuitif, cepat dan mudah digunakan. Layar lebarnya juga nyaman untuk menjelajah web. Lumia 510 juga terintegrasi dengan jejaring sosial serta gratis Navigasi 3D dari Nokia Drive dan Nokia Maps. (tom/nda)