Rumor Panas Seputar Galaxy S IV

Rumor yang membicarakan kehadiran suksesor Galaxy S III mulai mengalir. Mulai dari penggunaan prosesor, hingga teknologi layar yang akan digunakannya telah bertebaran di dunia maya.
Digadang-gadang bakal mengusung nama Galaxy S IV, smartphone yang menggunakan nama 'Project J' selama proses pengembanganya tersebut dijanjikan akan menawarkan spesifikasi yang jauh lebih baik dari Galaxy S III.
Sejauh ini, rumor panas apa saja sih yang telah membicarakan tentang Galaxy S IV? Berikut informasinya yang dihimpun dari berbagai sumber.
1.    Layar Anti Pecah
Kabar terbaru mengatakan bahwa smartphone Android tersebut akan menggunakan teknologi layar yang sama sekali baru. Dikatakan baru karena Galaxy S IV akan mengaplikasikan sebuah layar dengan ketahanan tinggi yang bahkan bisa dibilang anti pecah.
Untuk memberi ketahanan anti pecah pada layar yang akan diusung oleh Galaxy S IV, diduga Samsung akan mengganti lapisan luar layar yang sebelumnya memakai kaca dengan sebuah lapisan bening namun kuat. Material khusus ini disinyalir berbahan campuran plastik.
Meski belum diketahui jenis campuran plastik apa yang digunakan hingga memiliki ketahanan anti pecah, bila jadi diaplikasikan pada Galaxy S IV, Samsung mungkin akan menjadi produsen pertama yang berani meluncurkan smartphone dengan garansi layar anti pecah.
2.    Resolusi Full HD
Ini mungkin juga salah satu kelebihan yang ditunggu oleh penggila gadget. Pasalnya Galaxy S IV kabarnya menggunakan layar AMOLED berukuran 5 inch yang mengimplementasikan resolusi layar full HD atau 1920x1080 pixel.
Resolusi 1920x 1080p ini memang bukan yang pertama. Sebab layar full HD tersebut sudah lebih dulu dihadirkan HTC melalui ponsel terbarunya, Droid DNA.
Namun bila benar diaplikasikan pada Galaxy S IV nantinya, hal tersebut tetap cukup menarik karena Galaxy S IV akan menjadi satu dari sedikit smartphone yang telah mengaplikasikan resolusi full HD pada layarnya.
3.    Ditenagai Prosesor 4+4 Core
Tidak puas hanya dengan menyematkan prosesor quad core pada Galaxy S III, Samsung disebut-sebut bakal menyematkan prosesor dengan 4+4 core untuk dibenamkan pada penerus Galaxy S III tersebut. Konon, Galaxy S IV akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.
Namun jangan salah mengira, sebab Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU. Melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau biasa diistilahkan SoC.
Uniknya kecepatan kedua prosesor yang digabungkan itu pun berbeda. Bila Cortex-A15 berjalan pada kecepatan 1,8 GHz maka Cortex-A7 cukup dengan kecepatan 1,2 GHz. Hal tersebut wajar adanya karena Cortex-A7 yang digunakan memang digunakan untuk load sistem yang tidak terlalu berat.
4.    Kamera 13 Megapiksel
Tidak cukup dengan 8 megapixel yang telah disematkannya pada Galaxy S III, Samsung berencana menyematkan kamera dengan kemampuan lebih tinggi lagi pada Galaxy S IV.
Tidak tanggung-tanggung kamera dengan kemampuan 13 megapixel pun siap disematkan pada smartphone suksesor Galaxy S III tersebut. Bila benar, resolusi tersebut termasuk yang paling tinggi di pasaran.
Dengan kemampuan 13 megapixel, kamera yang nantinya diusung oleh Galaxy S IV tersebut nantinya akan dapat menghasilkan foto dengan kualitas super cemerlang.
5.    Rilis Pertengahan 2013
Meski belum tentu berniat untuk membelinya, mungkin inilah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh penggila gadget yang penasaran dengan kehadiran Galaxy S IV. Rencana peluncuran smartphone garapan Samsung tersebut disinyalir akan terjadi pada kuartal kedua tahun depan. Atau lebih tepatnya sekitar bulan april 2013.
Samsung sepertinya akan mengadakan even peluncuran sendiri untuk Galaxy S IV, seperti yang telah dilakukannya pada Galaxy S III dan Galaxy Note II. Tidak digabungkan dengan even teknologi seperti Consumer Electronic Show atau Mobile World Congress. (dtc/nda)